PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA MATERI TEOREMA PHYTAGORAS UNTUK SISWA KELAS VIII DI MTsN 2 BANDAR LAMPUNG

M .SUTEJA, Andi Wijaya (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA MATERI TEOREMA PHYTAGORAS UNTUK SISWA KELAS VIII DI MTsN 2 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI M .SUTEJA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan IPTEK terutama telephone seluler mempunyai manfaat yang besar dan modelnya mengalami perkembangan yang sangat pesat. Media teknologi informasi dan komunikasi menunjukan betapa semakin banyak media komunikasi yang beredar dalam masyarakat. Hal ini dikarenakan sangat banyak inovasi dan metamorphosis dari pada media komunikasi yang sedang mewabah dalam masyarakat sekarang ini. Kini banyak peserta didik yang beralih menggunakan Smartphone android untuk dijadikan sebagai media untuk mengakses informasi secara mudah dan cepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran berbasis android, kelayakan media, dan respon peserta didik dan pendidik terhadap kemenarikan media pembelajaran berbasis android. Dalam penelitian ini, prosedur yang digunakan mengacu pada desain pengembangan dengan pendekatan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pemilihan model pengembangan ini didasarkan pada alasan bahwa tahapan-tahapan dasar desain pengembangan ADDIE sederhana, mudah dipelajari, simpel serta lebih mudah dipraktikan dalam pengembangan media pembelajaran. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket yang diberikan kepada empat orang ahli (dua orang ahli materi dan dua orang ahli media) dilibatkan untuk menilai kelayakan media, 20 peserta didik uji coba kelompok besar. Hasil penelitian menunjukan bahwa Dihasilkan produk media pembelajaran berbasis android pada materi teorema phytagoras SMP/MTs untuk mata pelajaran matematika; Media ini telah melalui proses validasi oleh ahli materi dengan aspek penilaian dari segi kesesuaian materi, penyajian materi dan cakupan materi, serta ahli media dengan aspek penilaian yang sangat layak; Menurut ahli materi, media, informatika; produk media pembelajaran berupa media pembelajaran berbasis android pada materi teorema phytagoras sangat layak digunakan untuk pembelajaran di sekolahmedia pembelajaran mendapat respon siswa adalah sangat baik, sehingga media yang dibuat layak untuk diimplementasikan dan telah memenuhi keluhan dan kebutuhan siswa. Produk yang dihasilkan sangat menarik dan semangat belajar siswa bertambah baik dari sebelumnya. Hal ini menunjukan bahwa media yang dikembangkan oleh peneliti dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran di sekolah. Kata Kunci: Phytagoras, Media Android

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Apr 2022 05:10
Last Modified: 26 Apr 2022 05:10
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19008

Actions (login required)

View Item View Item