NILAI-NILAI PENDIDIKAN BUDI PEKERTI MENURUT KI HADJAR DEWANTARA DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM

SABELLA, PUTRI (2022) NILAI-NILAI PENDIDIKAN BUDI PEKERTI MENURUT KI HADJAR DEWANTARA DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI SABELLA PUTRI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Dalam dunia pendidikan, Ki Hadjar Dewantara dikenal sebagai Bapak Pendidikan Nasional. Beliau adalah tokoh pendidikan yang sangat berperan dalam dunia pendidikan Indonesia, karena ide-ide cemerlangnya masih dipakai dalam Pendidikan Nasional Indonesia. Ki Hadjar Dewantara merupakan pendiri Perguruan Taman Siswa. Penelitian yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah Studi Pustaka (library research), yaitu suatu penelitian yang bertujuan untuk mengumpulkan data dan informasi dengan bantuan bermacam-macam materi yang terdapat dalam kepustakaan, misalnya berupa buku-buku, catatan-catatan, makalah-makalah, dan lain. Sedangkan untuk menganilisisnya, penulis menggunkana teknik analiss isi (content analysis) Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan di sini bahwa pendidikan budi pekerti menurut Ki Hadjar Dewantara menanamkan moral pada anak didik terdiri dari beberapa komponen, yaitu: maksud dan tujuan pendidikan budi pekerti adalah berusaha memberikan nasehat-nasehat, materi-materi, anjuran-anjuran yang dapat mengarahkan anak pada keinsyafan dan kesadaran akan perbuatan baik yang sesuai dengan tingkat perkembangan anak, mulai dari masa kecilnya sampai ada masa dewasanya agar terbentuk watak dan kepribadian yang baik untuk mencapai kebahagiaan lahir dan batin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menurut Ki Hadjar Dewantara, pusat pendidikan yang meliputi keluarga, sekolah, dan masyarakat harus saling bekerja sama dan mengetahui tugas dan fungsinya masing-masing, serta harus ada sosok pendidik yang berkualitas baik dari sisi keilmuan maupun sisi kepribadian. Selain itu, untuk membentuk peserta didik yang berkualitas perlu adanya metode yang tepat dalam mengajar, serta adanya pemberian materi pendidikan yang sesuai menurut tingkatannya. Kata Kunci: Pendidikan Budi Pekerti, Ki Hadjar Dewantara

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Apr 2022 05:01
Last Modified: 26 Apr 2022 06:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19007

Actions (login required)

View Item View Item