PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN WEE (Wondering, Exploring And Explaining) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT (AQ) PESERTA DIDIK

ZAHRA, ZAKIYATUSSOLIHA (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN WEE (Wondering, Exploring And Explaining) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT (AQ) PESERTA DIDIK. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI Zahra Zakiyatussoliha.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan peserta didik terhadap pemahaman konsep matematis pada penelitian ini tergolong masih rendah. Terlihat pada pada hasil tes awal kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik MTs N 2 Lampung Utara. Model pembelajaran yang diterapkan di sekolah juga belum bervariasi. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk menerapkan model pembelajaran Wondering Exploring Explaining (WEE) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik ditinjau dari Adversity Quotient. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Wondering Exploring Explaining (WEE) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik ditinjau dari Adversity Quotient. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasi Eksperimental Design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTs N 2 Kotabumi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Cluster Random Sampling. Pengambilan data menggunakan tes, angket, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji analisis variansi dua arah sel tak sama. Berdasarkan hasil analisis yang diperoleh, pada hipotesis pertama yaitu terdapat pengaruh model pembelajaran Wondering Exploring Explaining (WEE) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Hipotesis kedua yaitu tidak terdapat pengaruh Adversity Quotient tinggi, sedang dan rendah terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Hipotesis ketiga tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran Wondering Exploring Explaining (WEE) dengan Adversity Quotient terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Kata Kunci: Model pembelajaran WEE, pemahaman konsep matematis dan Adversity Quotient

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Apr 2022 04:54
Last Modified: 26 Apr 2022 04:54
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19006

Actions (login required)

View Item View Item