PELAKSANAAN LAYANAN KONSELING INDIVIDU DENGAN TEKNIK NEGATIVE REINFORCEMENT DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI MASA DARING KELAS XI IIS 3 SMA NEGERI 4 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2021/2022

YOLA, VIOLA (2022) PELAKSANAAN LAYANAN KONSELING INDIVIDU DENGAN TEKNIK NEGATIVE REINFORCEMENT DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI MASA DARING KELAS XI IIS 3 SMA NEGERI 4 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 2, DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI YOLA VIOLA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Disiplin belajar merupakan aspek utama yang harus dimiliki setiap individu. Dalam proses belajar terdapat peraturan atau tata tertib yang harus di patuhi oleh peserta didik. Dalam proses pembelajaran disiplin sangat di butuhkan, hal ini di sebabkan pembelajaran diarahkan untuk membangun kemampuan berfikir dan kemampuan menguasai materi pembelajaran. Disiplin belajar dapat membuat seseorang memiliki kecakapan mengenai cara belajar yang baik, pembentukan yang baik yang akan menciptakan suatu pribadi yang luhur. Disiplin belajar belum ditingkatkan atau rendah masih terdapat di sekolah SMA Negeri 4 Bandar Lampung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pelaksanaan Layanan Konseling Individu Dengan Teknik Negative Reinforcement Dalam Meningkatkan Disiplin Belajar Peserta Didik di SMA Negeri 4 Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan desain penelitian studi kasus, data yang dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi yang melibatkan peserta didik, dan guru bimbingan dan konseling (BK) yang bertugas serta menangani masalah peserta didik di SMA Negeri 4 Bandarlampung. Hasil penelitian menunjukan bahwa setalah pemberian teknik negative reinfoecement perilaku disiplin belajar mengalami perubahan yaitu selalu mengumpulkan tugas tepat waktu, masuk jam pelajaran tepat waktu, bisa lebih mengatur waktu dan lebih produktif. Jadi setelah pemberian teknik negative reinforcement dapat disimpulkan bahwa konseling individu dengan teknik negative reinforcement dapat meninggkatkan disiplin belajar peserta didik. Kata Kunci: Konseling Individu, Teknik Negative Reinforcement, Disiplin Belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Apr 2022 04:05
Last Modified: 26 Apr 2022 04:05
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18998

Actions (login required)

View Item View Item