PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISKURSUS MULTI REPRESENTASI (DMR) TERHADAP LITERASI MATEMATIS DITINJAU DARI SIKAP PEDULI LINGKUNGAN DI SMP NEGERI 3 JATI AGUNG LAMPUNG SELATAN

RIZKI, AKBAR RANTAUNI (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISKURSUS MULTI REPRESENTASI (DMR) TERHADAP LITERASI MATEMATIS DITINJAU DARI SIKAP PEDULI LINGKUNGAN DI SMP NEGERI 3 JATI AGUNG LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI RIZKY.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Dalam proses pembelajaran matematika terdapat berbagai masalah yang terjadi disetiap jenjang pendidikan, khususnya jenjang pendidikan sekolah menengah pertama. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh model pembelajaran yang digunakan pendidik selama proses pembelajaran bersifat monoton dan membosankan. Hal tersebut menyebabkan pemahaman konsep matematis peserta didik belum berkembang maksimal. Model pembelajaran DMR yang diduga mampu membuat pemahaman konsep matematis ditinjau dari sikap peduli lingkungan peserta didik menjadi lebih baik. Penelitian ini menggunakan metode Tindakan Kelas. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 3 Jati Agung Lampung Selatan. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik acak kelas yaitu sebanyak 2 kelas, kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dengan penerapan model pembelajaran DMR dan kelas VIII B sebagai kelas ekspositori dengan model konvensional. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes berbentuk uraian untuk mengukur pemahaman literasi matematis dan untuk mengukur sikap peduli lingkungan menggunakan lembar angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji ANAVA dua jalan. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa (1) Terdapat pengaruh antara peserta didik yang memperoleh model pembelajaran DMR terhadap kemampuan literasi matematis. (2) tidak terdapat pengaruh sikap peruli lingkungan tinggi, sedang, rendah terhadap kemampuan literasi matematis. (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran DMR dan sikap peduli lingkungan terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. Kata Kunci: DMR, Literasi Matematis, Sikap Peduli Lingkungan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Apr 2022 03:05
Last Modified: 26 Apr 2022 03:05
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18993

Actions (login required)

View Item View Item