PENGARUH KETERLIBATAN ORANGTUA TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AISYIYAH SUKARAME BANDAR LAMPUNG

ISNA, MALAHAYATI (2022) PENGARUH KETERLIBATAN ORANGTUA TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AISYIYAH SUKARAME BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh keterlibatan orang tua terhadap perkembangan kognitif anak di TK Aisyiyah Sukarame Bandar Lampung. Di TK Aisyiyah sukarame kota Bandar lampung ini orangtua masih sangat sedikit yang mau melibatka diri nya dalam pendidikan anak di rumah padahal pihak sekolah sudah sangat optimal dalam menjalankan tugas nya di sekolah dalam memberikan pendidikan, jika ingin hasil yang maksimal untuk kognitif maka harus ada keterlibatan orangtua dalam pendidika anak.Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yaitu data di sekolahan TK Aisyiyah Sukarame Bandar Lampung. Variable independen dalam penelitian ini adalah keterlibatan orang tua, sedangkan variable dependennya adalah perkembangan kognitif anak. Populasi sekaligus dijadikan sampel yaitu seluruh orang tua di kelas B usia 5-6 tahun. Alat pengumpulan data yang utama menggunakan koesioner (angket). Koesioner keterlibatan orang tua diberikan kepada orang tua, sedangkan angket perkembangan kognitif diberikan pada anak. Instrumen angket sebelum digunakan, dilakukan pengujian untuk mengetahui validitas dan reliabilitas instrumen. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah, uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, analisis regresi linear sederhana, uji asumsi klasik dan uji hipotesis yaitu uji t secara parsial, taraf signifikan yang ditetapkan adalah 0,05 (5%) dan pengolahan data dengan menggunakan SPSS V.17.0 For Windows. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial Keterlibatan Orang Tua berpengaruh positif dan signifikansi terhadap Perkembangan Kognitif anak sebesar -5,166 dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000, sehingga dibandingkan dengan taraf signifikan 0,05 (5%), nilai Sig. (2-tailed) ini lebih kecil dari 0,05 (5%). Artinya variabel (dependent) keterlibatan orang tua berpengaruh terhadap (Independent) perkembangan kognitif anak di TK Aisyiyah Sukarame Bandar Lampung. Kemudian, hasil uji determinasi nilai R square atau r2 sebesar 0,497. Hal ini berarti semakin membuktikan bahwa besar pengaruh keterlibatan orang tua terhadap Perkembangan Kognitif anak sebesar 49,7 %. Kata kunci : Keterlibatan OrangTua, Perkembangan Kognitif iii ABSTRACT The purpose of this study was to determine the effect of parental involvement on the cognitive development of children in Kindergarten Aisyiyah Sukarame Bandar Lampung. At Aisyiyah Sukarame Kindergarten in Bandar Lampung, very few parents want to be involved in their children's education at home even though the school has been very optimal in carrying out their duties at school in providing education, if you want maximum results for cognitive, there must be parental involvement. in children's education. This type of research is quantitative research. The research method used is the Expost facto method. The data used in this study is primary data, namely data in the Aisyiyah Sukarame Kindergarten school, Bandar Lampung. The independent variable in this study is parental involvement, while the dependent variable is the child's cognitive development. The population is also used as a sample, namely all parents in class B aged 5-6 years. The main data collection tool uses a questionnaire (questionnaire). The parental involvement questionnaire was given to the parents, while the cognitive development questionnaire was given to the children. The questionnaire instrument before being used was tested to determine the validity and reliability of the instrument. The data analysis methods used in this research are validity test, reliability test, normality test, simple linear regression analysis, classical assumption test and hypothesis test, namely partial t test, the significance level set is 0.05 (5%) and processing data using SPSS V.17.0 For Windows. Based on the results of the study, it showed that partially parental involvement had a positive and significant effect on children's cognitive development of -5,166 with a Sig value. (2-tailed) of 0.000, so that compared to the significant level of 0.05 (5%), the value of Sig. (2-tailed) is less than 0.05 (5%). This means that the (dependent) variable of parental involvement affects the (Independent) cognitive development of children at Kindergarten Aisyiyah Sukarame Bandar Lampung. Then, the result of the determination test of the value of R square or r2 is 0.497. This means that it is increasingly proven that the influence of parental involvement on children's cognitive development is 49.7%. Keywords: Parental Involvement, Cognitive Development

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Apr 2022 04:51
Last Modified: 26 Apr 2022 03:13
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18985

Actions (login required)

View Item View Item