PENGARUH PENDAPATAN DAN MINAT BELI TERHADAP PERILAKU BELANJA ONLINE PADA MASYARAKAT KOTA BANDAR LAMPUNG DIMASA PANDEMI COVID-19 DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

Sri, Sundari (2022) PENGARUH PENDAPATAN DAN MINAT BELI TERHADAP PERILAKU BELANJA ONLINE PADA MASYARAKAT KOTA BANDAR LAMPUNG DIMASA PANDEMI COVID-19 DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI Sri Sundari.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Virus Corona adalah virus yang menyerang sistem pernapasan, penyakit ini terjadi akibat adanya infeksi virus, yang disebut Covid�19. Pandemic ini menyebabkan tingkat pendapatan menurun dan banyaknya masyarakat yang kehilangan pekerjaan. Dan berpengaruh terhadap perilaku konsumen terhadap minat beli terutama dalam melakukan belanja online. Di tahun 2020, ekonomi Provinsi Lampung terkontruksi tumbuh lebih rendah dibandingkan tahun 2019. Hal ini disebabkan adanya penurunan kinerja semua komponen pengeluaran, dan konsumsi rumah tangga terkontruksi akibat penurunan daya beli karena adanya kebijakan yang diberlakukan oleh pemerintah yaitu pembatasan kegiatan diluar rumah. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Dengan metode pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Simple Random Sampling. Dan teknik pengumpulan data melalui kuisioner (angket), wawancara, dan dokumentasi. Sampel yang dikumpulkan sebanyak 400 responden, penelitian ini dilakukan pada masyarakat Kota Bandar Lampung. Metode analisis yang digunakan adalah teknik analisis regresi berganda yang meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji t, uji f, dan uji koefisien determinasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa pendapatan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku masyarakat Kota Bandar Lampung, hal tersebut tidak sesuai dengan teori bahwa adanya hubungan antara pendapatan yang diterima dan dengan konsumsi yang dilakukan saat ini juga. Dan minat beli berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli masyarakat Kota Bandar Lampung, hal ini sesuai dengan teori bahwa tahap kecenderungan responden untuk bertindak sebelum memutuskan untuk membeli. Dan masyarakat Kota Bandar Lampung dalam melakukan berbelanja online masih sesuai dengan aturan islam artinya, masyarakat tidak melakukan konsumsi yang berlebih-lebihan dimasa pandemic Covid�19. Dengan demikian pendapatan bukan menjadi faktor utama dalam mempengaruhi perilaku konsumen, dan minat beli merupakan salah satu faktor utama dalam mempengaruhi perilaku konsumen yang di di dorong atau dipengaruhi oleh tingkat pendapatanya. Kata kunci: Pendapatan, Minat Beli, Perilaku Konsumen, Belanja Online. ABSTRACT Corona virus is a virus that attacks the respiratory system, this disease occurs due to a viral infection, called Covid-19. This pandemic has caused income levels to decline and many people have lost their jobs. And affect consumer behavior on buying interest, especially in online shopping. In 2020, the economy of Lampung Province was constructed to grow lower than in 2019. This was due to a decrease in the performance of all expenditure components, and household consumption was constructed due to a decrease in purchasing power due to the policy imposed by the government, namely the restriction of activities outside the home. The research method used is quantitative with a correlational approach. The sampling method used is the Simple Random Sampling technique. And data collection techniques through questionnaires (questionnaires), interviews, and documentation. The samples collected were 400 respondents, this research was conducted on the people of Bandar Lampung City. The analytical method used is multiple regression analysis technique which includes validity test, reliability test, normality test, t test, f test, and coefficient of determination test. Based on the results of the study, it shows that income does not significantly influence the behavior of the people of Bandar Lampung City, this is not in accordance with the theory that there is a relationship between income received and current consumption. And buying interest has a significant effect on the buying interest of the people of Bandar Lampung City, this is in accordance with the theory that the stage of the respondent's tendency to act before deciding to buy. And the people of Bandar Lampung City in doing online shopping are still in accordance with Islamic rules, meaning that people do not consume excessively during the Covid-19 pandemic. Thus income is not the main factor in influencing consumer behavior, and buying interest is one of the main factors in influencing consumer behavior which is driven or influenced by the level of income. Keywords: Income, Purchase Interest, Consumer Behavior, Online Shopping.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Apr 2022 04:44
Last Modified: 25 Apr 2022 04:44
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18984

Actions (login required)

View Item View Item