PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS MATA PELAJARAN MATEMATIKA PESERTA DIDK KELAS V MI AL – ISLAM BINA KARYA PUTRA KECAMATAN RUMBIA KABUPATEN LAMPUNG TENGAH TAHUN AJARAN 2016/2017

Azizah, Maulina (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS MATA PELAJARAN MATEMATIKA PESERTA DIDK KELAS V MI AL – ISLAM BINA KARYA PUTRA KECAMATAN RUMBIA KABUPATEN LAMPUNG TENGAH TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran yang sesuai dengan materi pelajaran sangat menentukan tingkat keberhasilan peserta didik dalam memahami pelajaran. Dalam hal ini guru berperan penting sebagai fasilitator penentu model pembelajaran dalam pembentukan pola pikir, pemahaman dan kemampuan penalaran peserta didik yang berkualitas. Maka perlu adanya model pembelajaran yang dipandang dapat membantu guru dalam proses belajar mengajar. Kemampuan penalaran merupakan salah satu hal yang harus dimiliki oleh peserta didik dalam belajar matematika. Hal ini dikarenakan proses penalaran merupakan aspek atau bagian yang esensial dari berpikir matematis. Salah satu Rendahnya kemampuan penalaran matematis peserta didik kelas V MI Al-Islam Bina Karya Putra Kecamatan Rumbia disebabkan oleh guru yang masih menerapkan model konvensional dimana hampir seluruh kegiatan pembelajaran berpusat pada guru, sehingga peserta didik hanya menghafal rumus tanpa mengerti konsep, Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini dalah Quasi Experimental Design. Desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group desaign dengan menggunakan pretes dan posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V MI Al-Islam Bina Karya Putra. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan penalaran matematis peserta didik dan dokumentasi, sedangkan instrumen penelitian setelah data pretest dan postest di kumpulkan, kemudian dilakukan analisis nilai rata-rata N-Gain dengan analisis statistik menggunakan normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis.. Menurut hasil penelitian dan pembahasan perhitungan hasil anlisis data menunjukkan bahwa rata-rata pretest kelas eksperimen adalah 53,24 dan pada kelas kontrol adalah 47,06. Sedangkan nilaa rata-rata postest kelas eksperimen 82,94 dan pada kelas kontrol adalah 72,65. Rata-rata N-Gain pada kelas eksperimen sebesar 0,627 dan pada kelas kontrol adalah 0,460. Hasil uji-t N-Gain menunjukkan bahwa thitung > ttabel (2,355 > 1,68). Hal tersebut bahwa Ho ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap kemampuan penalaran matematis pelajaran matematika peserta didik kelas V MI Al-Islam Bina Karya Putra Kecamatan Rumbia Kabupaten Lampung Tengah Tahun Ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 06 Nov 2017 06:55
Last Modified: 06 Nov 2017 06:55
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1897

Actions (login required)

View Item View Item