TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TENTANG SISTEM SHARING PROFIT PADA MARKETING (Studi pada CV Bonzela Property Apartement Grand Kamala Lagoon, Bekasi)

ADI, PRATAMA (2022) TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TENTANG SISTEM SHARING PROFIT PADA MARKETING (Studi pada CV Bonzela Property Apartement Grand Kamala Lagoon, Bekasi). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI (COVER-BAB I - II & DAPUS).pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL ADI PRATAMA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (27MB)

Abstract

ABSTRAK Dunia perdagangan/sewa menyewa apartement meningkat dalam beberapa tahun terakhir untuk di Indonesia sendiri apartement pertama di bangun pada tahun 1974 yang berdiri di Ratu Plaza dengan total 54 unit apartment, Ratu Plaza yang terletak di Jalan Jendral Sudirman, Jakarta Selatan ini merupakan pusat perbelanjaan The Haves Jakarta berbelanja. Dan jumlah apartement di Bodetabek di perkirakan akan terus tumbuh lembaga Riset Property, Savills Indonesia memproyeksikan pasokan apartement akan bertambah sebanyak 129.000 unit hingga tahun 2022, oleh karena itu pasti agen-agen properti dan Marketing akan terus bertambah namun di samping itu mereka hanya memikirkan tentang profit tanpa mau memperdalam pemahaman apakah yang mereka lakukan itu benar atau tidak, karena marketing biasanya melakukan Secreet selling menurut sebagian Marketing adalah boleh karena tidak merugikan perusahaan, dan bagi sebagian yang lain secreet selling adalah haram, karena perusahaan tidak mendapatkan hasil/profit dari sereet selling tersebut. Rumusan masalah dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana praktik sharing profit dalam Marketing pada perusahaan CV Bonzela Property Apartemen Grand Kamala Lagoon, Bekasi dan bagaimana tinjauan hukum Islam tentang praktik sharing profit dalam Marketing pada CV Bonzela Property Apartement Grand Kamala Lagoon, Bekasi. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah Mengetahui praktik sharing profit dalam Marketing pada perusahaan CV Bonzela Property Apartemen Grand Kamala Lagoon, Bekasi dan mengetahui tinjauan hukum Islam tentang praktik sharing profit dalam Marketing pada CV Bonzela Property Apartement Grand Kamala Lagoon, Bekasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan jenis penelitian studi lapangan (field reseach). Adapun sumber data yang di gunakan adalah data–data primer dan sekunder, pernyataan narasumber serta jurnal�jurnal yang berkaitan dengan skripsi tersebut. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, Wawancara, dan dokumentasi. Metode pengolahan data dilakukan dengan cara pengeditan data, sistematisasi data, dan verifikasi. Metode analisis data yang digunakan adalah pendekatan analisis kualitatif dalam metode berfikir induktif. sehingga mempermudah dalam membuat keseimpulan dari penelitian Berdasarkan hasil penelitian kiranya dapat dikemukakan bahwa praktik sharing profit dalam Marketing pada CV Bonzela Property Apartement Grand Kamala Lagoon terdapat sebuah kecurangan yang dilakukan oleh Marketing kepada perusahaan dengan melakukan secret selling, yang hanya menguntungkan Marketing dan merugikan CV Bonzela Property adapun praktik sharing profit dalam Marketing pada CV Bonzela Property Apartemen Grand Kamala Lagoon menurut hukum Islam merupakan suatu yang yang dilarang dalam Islam, karena terdapat banyak kecurangan yang dilakukan oleh Marketing terhadap perusahaan dan hal itu merupakan perbuatan haram atau dilarang dalam Islam Kata kunci : Marketing, Apartement, Sharing Profit

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Apr 2022 07:27
Last Modified: 22 Apr 2022 07:27
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18966

Actions (login required)

View Item View Item