PANDANGAN HUKUM ISLAM TENTANG ORANGTUA MELARANG ANAK MENIKAH SEBELUM MENYELESAIKAN KULIAH (Studi di Perumahan Bukit Sukabumi Indah, Kecamatan Sukabumi, Kota Bandar Lampung)

SAPTA, SAFIRA ARNANDA (2022) PANDANGAN HUKUM ISLAM TENTANG ORANGTUA MELARANG ANAK MENIKAH SEBELUM MENYELESAIKAN KULIAH (Studi di Perumahan Bukit Sukabumi Indah, Kecamatan Sukabumi, Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI (COVER- BAB I - II & DAPUS) SAPTA.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL SAPTA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Disaat meminta restu kepada orang tua sering menjadi problematika disebabkan orang tua yang tidak menginzinkan anaknya menikah dengan alasan-alasan tertentu. Seperti halnya yang terjadi pada orang tua di Perumahan Bukit Sukabumi Indah yang melarang anaknya menikah sebelum menyelesaikan kuliah. Sehingga Rumusan masalah dalam penelitian adalah Faktor apa saja yang menyebabkan orang tua melarang anaknya menikah sebelum menyelesaikan kuliah. Serta bagaimana pandangan hukum Islam tentang orang tua melarang anak menikah sebelum menyelesaikan kuliah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji apa saja alasan orang tua melarang menikahkan anaknya sebelum menyelesaikan kuliah serta ingin mempelajari bagaimana pandangan hukum Islam tentang orang tua yang melarang anaknya menikah sebelum menyelesaikan kuliah di Perumahan Bukit Sukabumi Indah, Kecamatan Sukabumi, Kota Bandar Lampung. Jenis penelitian ini adalah field research yaitu penelitian dilakukan dengan cara terjun langsung secara aktif ke lapangan untuk meneliti objek penelitian. Adapun penelitian ini bersifat deskriptif analisis, yaitu penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan dan menganalisis mengenai objek yang diteliti. Metode penelitian dilakukan secara observasi, wawancara dan dokumentasi serta pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh dari data primer yaitu suatu data yang diperoleh secara langsung dari sumbernya sebanyak 3 orang tua yang melarang anaknya menikah menyelesaikan kuliah. Juga menggunakan data sekunder yaitu bahan-bahan yang mencakup data primer seperti buku-buku, artikel ilmiah, jurnal, pendapat para pakar. Berdasarkan hasil penelitian bahwa orang tua yang melarang anak menikah sebelum menyelesaikan kuliah di Perumahan Bukit Sukabumi Indah disebabkan beberapa alasan sebagai berikut: apabila pernikahan dilakukan sebelum menyelesaikan kuliah akan menyebabkan anaknya mengalami gangguan kecemasan karena ketidaksiapan dalam menjalani beban dan tanggung jawab yang diterima sebagai suami atau istri dan mengganggu kegiatan perkuliahan. Islam tidak ada larangan menikah sebelum menyelesaikan kuliah. Maka orang tua yang melarang anaknya melakukan pernikahan sebelum menyelesaikan kuliah hukumnya mubah jika anak tersebut belum mampu secara finansial dan mental. Demi terhindarnya dari kemafsadatan yang disebabkan kurangnya pemahaman tentang hak dan kewajiban dalam mencapai tujuan pernikahan dan lain sebagainya. Akan tetapi, wajib hukumnya menikahkan anaknya jika anak sudah mempunyai keinginan yang kuat untuk menikah dan sudah mempunyai calon suami atau istri. Jika orang tua tersebut melarang anaknya untuk menikah, maka orang tua dapat terjerumus kepada perbuatan dosa dan haram hukumnya. Demi terhindarnya dari kemudharatan yang disebabkan anak telah memiliki hasrat kuat untuk menikah, terlebih lagi telah memiliki calon suami atau istri. Kata Kunci : Pernikahan, larangan menikah, masa kuliah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Fisika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Apr 2022 07:09
Last Modified: 22 Apr 2022 07:09
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18962

Actions (login required)

View Item View Item