PENERAPAN MANAJEMEN ETIKA BISNIS ISLAM PADA 212 MART AL-HIKMAH KEDATON KOTA BANDAR LAMPUNG

DESSY, PURWANINGSIH (2022) PENERAPAN MANAJEMEN ETIKA BISNIS ISLAM PADA 212 MART AL-HIKMAH KEDATON KOTA BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 &  BAB 5.pdf] PDF
Download (9MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL DESSY.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Manajemen dan etika bisnis Islam sangat diperlukan dalam aktivitas bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep manajemen dan konsep etika bisnis Islam, dan juga Manajemen Etika Bisnis Islam yang diterapkan pada 212 Mart Al-Hikmah. 212 Mart Al-Hikmah merupakan salah satu cabang 212 Mart yang ada di Kota Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan dua macam sumber data yaitu data primer dan data sekunder. Data primer adalah data yang diperoleh secara langsung pada obyek yang bersangkutan, data primer dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara peniliti yang ditanyakan kepada responden yaitu direktur toko dan konsumen 212 Mart Al-Hikmah. Hasil dari penelitian yang diperoleh yaitu bahwa manajemen pada 212 Mart Al-Hikmah sudah diterapkan dengan baik sesuai dengan fungsi manajemen yang meliputi perencanaan, pengorganisasian pengarahan dan pengendalian atau pengawasan. Dimana fungsi manajemen tersebut dilaksanakan dalam aspek pemasok barang, distribusi barang, perencanaan dalam jangka panjang, jangka menengah dan jangka pendek, lalu pembagian job kerja yang sesuai dengan kemampuan masing-masing karyawan, ketepatan waktu kerja, apresiasi karyawan terhadap konsumen dengan memberi salam kepada konsumen yang baru datang, dan pengawasan kerja karyawan. Lalu 212 Mart Al-Hikmah juga sudah menerapkan etika bisnis Islam dengan baik yang sesuai dengan prinsip-prinsip etika bisnis Islam, yang mencakup aspek dari produk, pelayanan, pemasaran, kerjasama dan lingkungan. Manajemen Etika Bisnis Islam pada 212 Mart yaitu hubungan antara perencanaan dan tauhid seperti dalam melaksanakan sholat, ketika waktu sholat tiba para karyawan berencana dan bersiap untuk melaksanakan sholat, perencanaan dalam pemask barang dan distribusi barang, pihak 212 Mart melakukan penelitian terhadap barang yang akan ditawarkan dengan melihat kehalalan barang dan tanggal kadaluarsa. Pengorganisasian dengan keseimbangan, seimbang dalam memberikan gaji kepada setiap karyawan yang sesuai dengan pekerjaan masing-masing. Pelaksanaan dengan keseimbangan yaitu apresiasi karyawan, karyawan memberikan apresiasi kepada konsumen dengan sifat keramah-tamahan, tidak membandingkan konsumen satu dengan yang lain. Hubungan antara pengawasan dengan tauhid yaitu melakukan briefing sebelum memulai pekerjaan, dan briefing dua minggu sekali dengan tim penanggung jawab toko dengan para karyawan dengan melakukan pengajian rutin. Kata kunci : Manajemen, Etika Bisnis Islam, 212 Mart ABSTRACT Management and Islamic business ethics are indispensable in business activities. This study aims to determine the management concept and the concept of Islamic business ethics, as well as the Management of Islamic Business Ethics which are applied to 212 Mart Al-Hikmah. 212 Mart Al-Hikmah is one of the branches of 212 Mart in Bandar Lampung City. The research method used is descriptive qualitative. This research data collection technique uses two kinds of data sources, namely primary data and secondary data. Primary data is data obtained directly on the object in question, primary data in this study was obtained through interviews with researchers who were asked to respondents, namely store directors and consumers at 212 Mart Al-Hikmah. The results of the research obtained are that the management at 212 Mart Al-Hikmah has been implemented properly in accordance with the management functions which include planning, organizing, directing and controlling or supervising. Where the management function is carried out in the aspect of suppliers of goods, distribution of goods, planning in the long term, medium term and short term, then the division of work jobs according to the abilities of each employee, punctuality of work, employee appreciation for consumers by greeting consumers new arrivals, and supervision of employee work. Then 212 Mart Al-Hikmah has also implemented Islamic business ethics well in accordance with the principles of Islamic business ethics, which include aspects of product, service, marketing, cooperation and the environment. Management of Islamic Business Ethics at 212 Mart, namely the relationship between planning and monotheism as in praying, when prayer time arrives employees plan and prepare to pray, planning in packing goods and distributing goods, 212 Mart conducts research on the goods to be offered with see the halalness of the goods and the expiration date. Organizing with balance, balanced in providing salaries to each employee in accordance with their respective jobs. Implementation with a balance, namely employee appreciation, employees give appreciation to consumers with a friendly nature, not comparing consumers with one another. The relationship between supervision and monotheism is conducting briefings before starting work, and briefings every two weeks with the store responsible team and employees by conducting regular recitations. Keywords : Management, Islamic Business Ethics, 212 Mart

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Apr 2022 03:56
Last Modified: 22 Apr 2022 03:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18959

Actions (login required)

View Item View Item