PENGARUH PEMBIAYAAN MUDHARABAH, MUSYARAKAH, MURABAHAH DAN IJARAH TERHADAP RETURN ON EQUITY PADA BANK BCA SYARIAH (PERIODE 2010-2020)

RUDIANSYAH, DWI RAMADHAN (2022) PENGARUH PEMBIAYAAN MUDHARABAH, MUSYARAKAH, MURABAHAH DAN IJARAH TERHADAP RETURN ON EQUITY PADA BANK BCA SYARIAH (PERIODE 2010-2020). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi RUDIANSYAH DWI RAMADHAN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan penelitian terdahulu, mengindentifikasi adanya research gap dari variabel indenpenden yang mempengaruhi profitabilitas yaitu; Penelitian yang dilakukan oleh Purnama Putra dan mafituhatul Hasanah (2018) menyatakan bahwa pembiayaan murabahah dan ijarah berpengaruh positif terhadap profitabilitas sedangkang mudharabah dan musyarakah berpengaruh negatif terhadap profitabilitas. Selanjutnya, penelitian yang dilakukan oleh Abdul Hadi Sirat, N. Bailusy dan Saiful La Ria (2018) menyatakan bahwa terdapat pengaruh positif pada pembiayaan musyarakah dan murabahah terhadap profitabilitas sedangkan mudharabah dan ijarah berpengaruh negatif terhadap profitabilitas. Profitabilitas adalah salah satu alat yang digunakan untuk menilai kinerja bank dalam menghasilkan laba dari usaha suatu bank. Sebaliknya jika profitabilitas yang dicapai kecil maka mengindikasi kurang maksimalinya kinerja keuangan dalam menghasilkan laba. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembiayaan mudharabah, musyarakah, murabahah dan ijarah terhadap return on equity (ROE). Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah penelitian asosiatif dengan teknik sampling jenuh. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan triwulan Bank BCA Syariah tahun 2010–2020. Pada penelitian ini menggunakan teknik analisis data yaitu uji normalitas data, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji t, uji f dan koefisien determinasi (R) hasil ini diuji menggunakan SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan pembiayaan mudharabah, musyarakah, murabahah dan ijarah berpengaruh signifikan terhadap ROE. Sedangkan secara individu pembiayaan mudharabah tidak berpengaruh signifikan terhadap ROE, pembiayaan musyarakah tidak berpengaruh signifikan, pembiayaan murabahah berpengaruh signifikan dan ijarah tidak berpengaruh signifikan. Kata Kunci : Mudharabah, Musyarakah, Murabahah, Ijarah dan ROE

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Apr 2022 02:28
Last Modified: 22 Apr 2022 02:28
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18950

Actions (login required)

View Item View Item