KONSEP PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF HASAN LANGGULUNG DAN RELEVANSINYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM PADA ERA KONTEMPORER

ELSI, IMANIAR (2022) KONSEP PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF HASAN LANGGULUNG DAN RELEVANSINYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM PADA ERA KONTEMPORER. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 2, DAPUS ELSI IMANIAR.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI ELSI IMANIAR.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Salah satu tokoh pendidikan islam yang memberikan kontribusi besar terhadap pendidikan islam. Konsep pemikiran pendidikan yang dikemukakan oleh Hasan Langgulung memandang bahwa pendidikan ialah suatu proses spiritual, akhlak, intelektual, dan social yang berusaha membimbing manusia dan memberi nilai-nilai prinsip dan keteladanan yang ideal dalam kehidupan bertujuan mempersiapkan kehidupan dunia dan akhirat. Peneliti berdasarkan penomena bahwa pendidikan islam sekarang telah kehilangan hakikat dan identitas terhadap tujuan hidup manusia karena konsep yang dipakai belum bisa mencerminkan nilai Islam terhadap perilaku moral anak bangsa. Hal ini menunjukkan bahwa pendidikan Islan melakukan pembenahan kembalinya. Sehingga peneliti mengangkat konsep pemikiran Hasan Langgulung, yang merupakan seorang pakar dan ilmuwan yang tidak diragukan lagi kemampuannya dalam bidang pendidikan, hal ini terbukti dengan banyak karya-karya yang beliau haslikan. Dari gagasan tersebut yang akan dikaji ialah mengenai konsep pemikiran Hasan Langgalung tentang pendidikan Islam yaitu: (1) tujuan pendidikan Islam menurut Hasan Langgulung, (2) kurikulum pendidikan islam, (3) Metode Pendidikan Islam, dan (4) Asas- Asas pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research), penekanan yang digunakan dalam penelitian ini adalah berdasarkan kajian-kajian sebagai dasar atau bahan utama yang ditekankan dari sumber primer yang berasal dari perpustakaan dan berdasarkan pendapat tokoh. Hasil dari penelitian ini adalah yang pertama, adalah Tujuan Pendidikan Islam menurut Hasan Langgulung yaitu untuk membentuk kepribadian muslim yaitu mencakup seluruh aspek baik tingkah laku, jiwanya, filsafat hidup, dan kpercayaanyang menijukkan pengabdian kepada Allah SWT. kedua kurikulum pendidikan haruslah sesuai dengan standarnasioal, budaya dan agama islam, tidak memaksakan sesuatu hal yang bertentangan dengan fitrahnya dan metode ganjaran dan hukuman. Keeempat, agar tujuan dari isi kurikulumdan metode dapat berjalan dengan baik perlu adanya asas pendidikan yang menjadi dasar acuan pendidikan Islam. Kata Kunci: Konsep Pendidikan Persektif Hasan Langgulung

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Apr 2022 03:45
Last Modified: 21 Apr 2022 03:45
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18933

Actions (login required)

View Item View Item