PENGARUH BIMBINGAN KARIR DENGAN TEKNIK MIND MAPPING TERHADAP PERKEMBANGAN KARIR PESERTA DIDIK DISMA NEGERI10 BANDAR LAMPUNG

Purnamasari, Melia (2017) PENGARUH BIMBINGAN KARIR DENGAN TEKNIK MIND MAPPING TERHADAP PERKEMBANGAN KARIR PESERTA DIDIK DISMA NEGERI10 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_MELIA.pdf]
Preview
PDF
Download (972kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PENGARUH BIMBINGAN KARIR DENGAN TEKNIK MIND MAPPING TERHADAP PERKEMBANGAN KARIR PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 10 BANDAR LAMPUNG Oleh Melia Purnamasari Bimbingan karir adalah bantuan yang diberikan kepada individu untuk memilih, mempersiapkan diri dan memangaku suatu jabatan serta mendapat jabatan kemajuan dalam jabatan yang dipilihnya itu. Fenomena yang terjadi di kelas XI SMA Negeri 10 Bandar Lampung memiliki perkembangan karir yang rendah. Hal ini ditandai dengan adanya peserta didik yang masih merasa bingung saat akan memilih karirnya, salah satu faktor tersebut ialah peserta didik cenderung masih terpusat dengan keinginan orang tuanya yang menginginkan anaknya memilih jenjang karir sesuai dengan profesi keluarganya. Sehingga perlu upaya untuk meningkatkan perkembangan karir dengan menggunakan bimbingan karir teknik mind mapping. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran perkembangan karir peserta didik dan untuk mengetahui pengaruh bimbingan karir dengan teknik mind mapping terhadap perkembangan karir peserta didik kelas XI SMA Negeri 10 Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Quasi Experimental dengan desain Non-equivalent Control Group Design. Sampel dalam penelitian berjumlah 20 peserta didik kelas XI IPS di SMA Negeri 10 Bandar Lampung yang memiliki perkembangan karir dalam kategori sangat rendah dan rendah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket perkembangan karir, wawancara, observasi dan dokumentasi sebagai teknik pendukung. Hasil perhitungan pengujian diperoleh thitung 5,149 pada derajat kebebasan (df) 18 kemudian dibandingkan dengan ttabel 0,05 = 2,596, maka thitung ≥ ttabel (5,149 ≥ 2.596), nilai sign. (2-tailed) lebih kecil dari nilai kritik 0,005 (0.000 ≤ 0,005), ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dah Ha diterima, selain itu didapat nilai rata-rata kelompok eksperimen lebih besar dari pada kelompok kontrol (78,4000≥65,3000). Jika dilihat dari nilai rata-rata, maka peningkatan perkembangan karir pada kelompok eksperimen lebih tinggi dibanding dengan kelompok kontrol. maka dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh bimbingan karir dengan teknik mind mapping terhadap perkembangan karir peserta didik kelas XI IPS di SMA Negeri 10 Bandar Lampung. Kata kunci : Perkembangan Karir, Bimbingan Karir Teknik Mind Mapping

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: HAMID FAHMI FAHMI
Date Deposited: 06 Nov 2017 04:32
Last Modified: 06 Nov 2017 04:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1891

Actions (login required)

View Item View Item