PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISKURSUS MULTY REPRECENTACY (DMR) BERBANTUAN SOFTWARE CABRI 3D TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK

DITA, IVOLIANTI (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISKURSUS MULTY REPRECENTACY (DMR) BERBANTUAN SOFTWARE CABRI 3D TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI DITA IVOLIANTI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISKURSUS MULTY REPRECENTACY (DMR) BERBANTUAN SOFTWARE CABRI 3D TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK Oleh Dita Ivolianti 1711050028 Uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Dari hasil analisi yang diperoleh. Berdasarkan kajian teori dan perhitungan analisis dapat disimpulkan bahwa: (1). Terdapat pengaruh model pembelajaran DMR berbantu software cabri 3d terhadap kemmapuan komunikasi matematis. (2) Tidak terdapat pengaruh gaya belajar terhadap kemampuan komunikasi matematis. (3) Tidak terdapat interaksi antar model DMR berbantu software cabri 3d dan gaya belajar terhadap kemampuan komunikasi matematis. Kata Kunci: DMR, Cabri 3D, Komunikasi Matematis, Gaya Belajar Sekolah merupakan sarana dalam proses pembelajaran, terdapat berbagai masalah yang terjadi dalam setiap proses pembelajaran terutama matematika. Berdasarkan pra penelitian menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa SMP Negeri 32 Bandar Lampung masih rendah. Hal ini dikarenakan kurang tepatnya pemilihan model pembelajaran yang digunakan pendidik selama proses pembelajaran. Model pembelajaran DMR berbantu software cabri 3d yang diduga mampu membuat kemampuan komunikasi matematis peserta didik menjadi lebih baik ditinjau dari gaya belajarpeserta didik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran diskursus multy reprecentacy (dmr) berbantuan software cabri 3d terhadap kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari gaya belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode Quasy Experimental Design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas IX SMP Negeri 32 Bandar Lampung. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik acak kelas yaitu sebanyak 2 kelas. kelas IX 3 sebagai kelas ekperimen dengan penerapan model pembelajaran diskursus multy reprecentacy (dmr) berbantuan software cabri 3d dan kelas IX 4 sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran ekspositori. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes berbentuk uraian untuk mengukur kemampuan komunikasi matematis dan untuk mengukur gaya belajar menggunakan lembar angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji ANOVA dua arah. Uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Dari hasil analisi yang diperoleh. Berdasarkan kajian teori dan perhitungan analisis dapat disimpulkan bahwa: (1). Terdapat pengaruh model pembelajaran DMR berbantu software cabri 3d terhadap kemmapuan komunikasi matematis. (2) Tidak terdapat pengaruh gaya belajar terhadap kemampuan komunikasi matematis. (3) Tidak terdapat interaksi antar model DMR berbantu software cabri 3d dan gaya belajar terhadap kemampuan komunikasi matematis. Kata Kunci: DMR, Cabri 3D, Komunikasi Matematis, Gaya Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Apr 2022 04:01
Last Modified: 20 Apr 2022 04:01
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18902

Actions (login required)

View Item View Item