PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA KELAS IV DI SD NEGERI 1 SUKAMENANTI BANDAR LAMPUNG

INDAH, PRATIWI (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA KELAS IV DI SD NEGERI 1 SUKAMENANTI BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1& BAB 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL INDAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Blended Learning adalah gabungan antara pembelajaran langsung dan pembelajaran berbasis internet menggunakan teknologi informasi dan komunikasi. Berdasarkan hasil studi pendahuluan diketahui bahwa pemahaman konsep peserta didik di sekolah tersebut masih rendah dikarenakan kurangnya minat belajar, minimnya pengetahuan saat di sekolah dasar maka pembelajaran di SD secara langsung tidak dapat mengikuti pembelajaran secara baik, sertanya kurangnya ketelitian dalam menyimak penjelasan guru saat menyelesaikan persoalan matematika. Digunakan pembelajaran blended learning yang dapat membantu peserta didik dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pembelajaran blended learning menggunakan google classroom terhdap pemahaman konsep matematika pada peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Sukamenanti Bandar Lampung.Metode penelitian ini adalah quasi eksperimen design. Desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan desain posttes only controldesign. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes berupa soal. Validasi isi dilakukan oleh ahli materi. Teknik Analisis Instrumen menggunakan Validitas, Reabilitas, Tingkat Kesukaran, dan Daya Beda. Teknik Analisis prasyarat menggunakan Uji normalitas dan Uji Homogenitas. Uji Hipotesis menggunakan Uji-T.Dari hasil uji hipotesis kemampuan pemahaman konsep matematika dapat dilihat bahwa 0.020 α ini berarti pada taraf signifikan α=0.05 H0 ditolak. Maka disimpulkan bahwa model pembelajaran blended learning menggunakan google clasroom terdapat pengaruh terhadap pemahaman konsep matematika peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Sukamenanti Bandar Lampung. Kata Kunci: Blended Learning, Pemahaman Konsep Matematika

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Apr 2022 07:36
Last Modified: 19 Apr 2022 07:36
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18896

Actions (login required)

View Item View Item