MANAJAMEN MUTU PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI DI MAN 1 LAMPUNG BARAT

LENI, JUWITA (2022) MANAJAMEN MUTU PEMBELAJARAN PADA MASA PANDEMI DI MAN 1 LAMPUNG BARAT. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Manajamen mutu pembelajaran sangat penting kedudukannya dalam rangka meningkatkan efektivitas proses belajar mengajar, apalagi di masa darurat penyebaran Corona Virus Disease-19 (COVID-19) seperti yang kita alami saat ini. Berbagai usaha dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan dengan tetap mempertimbangkan protokol Kesehatan. Pada masa pandemi Covid�19 membuat guru dituntut untuk melakukan penyesuian dalam proses pembelajaran agar kualitas pembelajaran tetap terpenuhi meskipun adanya kendala. Penelitian ini di fokuskan pada Manajamen Mutu Pembelajaran Pada Masa Pandemi di Madrasah Aliyah Negeri 1 Lampung Barat. Adapun tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui perencanaan pembelajaran, 2) Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran, 3) Untuk mengetahui penialaian / hasil belajar di Madrasah Aliyah Negeri 1 Lampung Barat. Jenis penelitian ini adalah deskriktif kualitatif. Analisis data penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data yang dilakukan dengan Teknik triangulasi. Triangulasi yang digunakan pada penelitian ini merupakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian dan kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini sebagai berikut : Perencanaan pembelajaran yang dilakukan sudah terlaksana dengan baik, dikarenakan perencanaan pembelajaran sudah sesuai dengan indikator yang penulis gunakan dari teori Rusman. Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan sudah terlaksana, akan tetapi berdasarkan hasil observasi yang penulislakukan, penulis menemukan bahwa ada sebagian tenaga pendidik yang belum melakukan pendahuluan, inti dan penutup dengan baik dan sesuai dengan indikator yang penulis gunakan. Dalam kegiatan Evaluasi pembelajaran yang dilakukan sudah terlaksana sesuai dengan teori yang penulis gunakan dan peraturan yang ada. Kata Kunci : Manajamen Mutu Pembelajaran Masa Pandemi iii ABSTRACT The management of the quality of learning is very important in its position in order to improve the effectiveness of the teaching and learning process, especially during the emergency period of the spread of the Corona Virus Disease-19 (COVID-19) as we are currently experiencing. Various efforts have been made to improve the quality of education while taking into account the Health protocol. During the Covid-19 pandemic, teachers are required to make adjustments in the learning process so that the quality of learning is still met despite obstacles. This research is focused on the Quality Management of Learning During the Pandemic Period at Madrasah Aliyah Negeri 1 West Lampung. The objectives of this study are 1) To determine the learning planning, 2) To determine the implementation of learning, 3) To determine the assessment / learning outcomes at Madrasah Aliyah Negeri 1 West Lampung. This type of research is descriptive qualitative. The data analysis of this research is data reduction, data presentation and conclusion drawing. Meanwhile, the validity of the data was tested using the triangulation technique. The triangulation used in this research is source triangulation and technique triangulation. The results of the research and the conclusions obtained in this study are as follows: The learning planning that has been carried out has been carried out well, because the learning planning is in accordance with the indicators that the author uses from Rusman's theory. The implementation of the learning that has been carried out has been carried out, but based on the results of the observations made by the authors, the authors found that there are some educators who have not carried out the introduction, core and closing properly and in accordance with the indicators that the author uses. In the evaluation of learning activities that have been carried out, it has been carried out in accordance with the theory that the author uses and existing regulations. Keywords: Quality Management of Learning During the Pandemic

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Apr 2022 07:06
Last Modified: 19 Apr 2022 07:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18893

Actions (login required)

View Item View Item