BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM DENGAN STRATEGI RESTRUKTURING DALAM MEMBINA SISWA SMA NEGERI 1 TERUSAN NUNYAI LAMPUNG TENGAH

RIA, ASTUTI (2022) BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM DENGAN STRATEGI RESTRUKTURING DALAM MEMBINA SISWA SMA NEGERI 1 TERUSAN NUNYAI LAMPUNG TENGAH. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 2, DAPUS RIA ASTUTI.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI RIA ASTUTI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Permasalahan yang diangkat dalam masalah ini adalah bagaimana proses bimbingan dan konseling Islam dengan strategi restructuring dalam membina siswa, serta bagaimana hasil bimbingan dan konseling Islam dengan strategi restructuring dalam membina siswa. strategi restructuring kognitif adalah cara penerapan strategi yang menitikberatkan pada kasus konseli berupa cara berfikir yang negatif dalam belajar, tidak tertarik pada mata pelajaran sekolah, terpaku dengan kegiatan diluar sekolah, yang mengakibatkan dampak kurang baik pada konseli. Optimalisasi belajar adalah belajar yang dimana seseorang bisa nyaman dan menyenangkan sehingga informasi yang dipelajari dapat dengan mudah diserap oleh seseorang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses bimbingan konseling Islam dengan strategi restructuring dalam membina siswa. Untuk mengetahui hasil bimbingan dan konseling Islam dengan strategi restructuring dalam membina siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian lapangan (field research) dan sifat penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer bersumber Guru BK, dan siswa kelas XI dan sumber data sekunder. Teknik penggumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dengan cara mereduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Dalam pengambilan sample peneliti menggunakan snowball sampling. Hasil penelitian diperoleh data tentang proses pelaksanaan bimbingan dan konseling Islam dengan strategi restructuring dalam membina siswa SMAN 1 Terusan Nunyai Lampung Tengah yakni dengan langkah-langkah bimbingan konseling Islam yaitu identifikasi masalah, diagnosis, prognosis, terapi/treatment dan evaluasi/follow up. Berdasarkan hasil analisis, terdapat pengaruh yang positif dalam penggunaan strategi restrukturing dalam optimalisasi belajar seorang siswa. Setelah mendapatkan terapi konseli menunjukkan tanda ada sedikit perubahan meskipun belum maksimal. iii ABSTRACT The problems raised in this problem are how the process of Islamic guidance and counseling with restructuring strategies in fostering students, and how the results of Islamic guidance and counseling with restructuring strategies in fostering students. Cognitive restructuring strategy is a way of implementing strategies that focus on the counselee's case in the form of a negative way of thinking in learning, not being interested in school subjects, fixating on activities outside of school, which results in an unfavorable impact on the counselee. Optimizing learning is learning where someone can be comfortable and fun so that the information learned can be easily absorbed by someone. The purpose of this study was to determine the process of Islamic counseling guidance with a restructuring strategy in fostering students. To find out the results of Islamic guidance and counseling with a restructuring strategy in fostering students. This research uses qualitative research, with the type of field research (field research) and the nature of qualitative descriptive research. The data sources used are primary data sources from BK teachers, and class XI students and secondary data sources. Data collection techniques using the method of observation, interviews and documentation. While data analysis by reducing data, presenting data, and drawing conclusions. In taking the sample, the researcher used snowball sampling. The results of the study obtained data about the process of implementing Islamic guidance and counseling with a restructuring strategy in fostering students of SMAN 1 Terusan Nunyai Lampung Tengah, namely the steps of Islamic counseling guidance, namely problem identification, diagnosis, prognosis, therapy/treatment and evaluation/follow-up. Based on the results of the analysis, there is a positive influence in the use of restructuring strategies in optimizing a student's learning. After receiving therapy, the counselee showed signs of a slight change, although not maximal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Apr 2022 06:45
Last Modified: 19 Apr 2022 06:45
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18887

Actions (login required)

View Item View Item