IMPLEMENTASI MANAJEMEN KELAS MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH DI PONDOK PESANTREN DARUL A’MAL METRO

Abdullatif, Misrawan (2022) IMPLEMENTASI MANAJEMEN KELAS MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH DI PONDOK PESANTREN DARUL A’MAL METRO. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi Abdullatif Misrawan.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK IMPLEMENTASI MANAJEMEN KELAS DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI MADRASAH DINIAH TAKMILIYAH DARUL A’MAL METRO OLEH : ABDULLATIF MISRAWAN Hakikat dari manajemen kelas adalah penciptaan kondisi belajar peserta didik yang lebih kondusif. Sedangkan kondisi belajar yang kondusif merupakan prasyarat yang paling penting bagi kelancaran terselenggaranya kegiatan belajar peserta didik, sehingga dengan lancarnya pelaksanaan pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar yang lebih optimal. Dalam tatanan manajemen kelas seseorang yang paling berperan dalam kelas yaitu guru, ustaz di Madrasah Diniyah Takmiliayah Pondok Pesantren Darul A‟mal Metro sudah menjalankan perannya sebagai pengajar yang baik dalam menjalankan tugasnya ustaz mendapatkan berbagai dukungan dari pengurus pondok pesantren serta siswa yang sudah mengabdi di pondok pesantren. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan bagaimana peran guru dalam manajemen kelas di Madrasah Diniyah Takmiliayah Pondok Pesantren Darul A‟mal metro. Penelitian ini menggunakan metode deskripsi analisis dengan pendekatan Kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan berbagai cara antara lain wawancara, observasi, dan dokumentasi, yang berhubungan dengan obyek yang diteliti. Kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa guru dalam prosedur dimensi pencegahan selalu meningkatkn kesadarn diri atau intropeksi diri ketika pembelajaran telah selesai selalu mencontohkan pentingnya dalam meningkatkan kesadaran diri sebagai seorang murid dan mengajar dengan penuh ke ikhlasan. ustaz dalam mengajar selalu memberikan penghartin lebih dengaan cara menjalin komunukasi yang baik agar ketika ada santri yang melakukan penyimpangan dapat teridentifikasi Tidak lupa ustaz mencari apa yang melatar belakangi terjadinya penyimpangan di kelas kemudian menganalisis dengan bantun para sanri senior dan pengurus untuk menertibkan kembali agar tidak terjadi penyimpangan. ustaz dalam pendekatan berdasarkan tingkah laku selalu memberikan apresiasi untuk murid yang tekun agar santri yang lain termotivasi untuk giat belajar. ustaz dalam hal hukuman selalu memberikan peringatan terlebih dahalu jika ada santri yang melakukan penyimpangan tingkah laku namun jika masih mengulangi kembali tingkah laku yang kurang baik ustaz akan menghukum siswa tersebut. ustaz dalam hal pendekatan iklim sosio emosional selalu menyelingi pembelajaran dengan candaan atau kisah-kisah teladan ulama zaman dahulu agar pengajaran tidak terlalu monoton dan mendekati santri yang murung agar santri mau meceritakan masalahnya. Setiap sebulan sekali di adakan rapat ustaz dan pengurus untuk saling mendukung dan menganalisis kembali kegiatan – kegiatan siswa. ustaz dalam hal pendekatan proses kelompok akan diadakan pembagian kelompok agar santri dapat cepat menghapal dan saling membantu karena ada target yang harus di capai tentunya selalu dalam pengawasan sustaz. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan, maka kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi manajemen kelas dalam pelaksanaan pembelajaran di Madrasah Diniah Takmiliyah Darul A‟mal Metro sudah dilakukan dengan sangat baik dengan menggunakan indikator manajemen kelas yang meliputi:(1) Prosedur Manajemen kelas dan (2) Pendekatan Manajemen Kelas Kata kunci : Implementasi, Manajemen Kelas, Pelaksanaan Pembelajaran

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Apr 2022 03:34
Last Modified: 19 Apr 2022 03:34
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18875

Actions (login required)

View Item View Item