PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN LEMPAR SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN UNTUK PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI

MELINA, Sutiman (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN LEMPAR SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN UNTUK PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK PENGEMBANGAN PAPAN LEMPAR SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN UNTUK PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI Media Pembelajaran merupakan alat perantara dalam memberikan materi kepada anak didik dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran suatu yang bersifat menyalurkan pesan dan dapat merangsang pikiran, perasaan dan kemauan siswa serta mempengaruhi perkembangan kongnitif sehingga dapat mendorong proses belajar pada dirinya. Media pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran bagi anak usia dini dalam perkembangan kongnitif biasanya menggunakan media berupa media cetak (majalah, buku cerita, poster) dan alat permainan edukatif (APE) audio visual, papan flannel. Dalam proses pembelajaran media papan lempar dapat digunakan untuk membantu perkembangan kongnitif anak. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pengembangan, kelayakan, dan efektifitas media papan lempar sebagai sarana pembelajaran untuk perkembangan kongnitif anak usia dini. Penelitian ini menggunakan Research and Development (RnD) dengan model pengembangan ISI-ARE yang mempunyai 6 tahapan yaitu: (1) Investigation (2) Strategy (3) Improve (4) Assessment (5) Realization (6) Estimation. Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar validas materi, lembar validasi media, lembar kepraktisan guru, dan lembar respon siswa penelitian ini dilakukan di TK PGRI Bandar Lampung. Berdasarkan hasil penelitian ini menggambarkan bahwa media papan lempar dapat dijadikan sebagai salah satu media alternatif bagi guru untuk mengembangkan kongnitif anak. Dapat diilihat dari hasil validasi ahli materi yaitu memperoleh presentase rata-rata sesbesar 93,05%, validasi ahli media mendapatkan presentase dengan rata-rata sebanyak 95%, uji aspek kepraktisan pendidik memperoleh presentase sebesar 93,05%, dan untuk respon peserta didik mendapatkan persentase sebesar 89,58%yang masuk dalam kategori sangat layak. Berdasarkan uraian diatas maka dapat disimpulkan bahwa produk media papan lempar sebagai sarana pembelajaran untuk iii perkembangan kongnitif anak usia dini. Yang dikembangkan oleh peneliti dinyatakan layak digunakan untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak usia dini. Kata kunci: Media Papan Lempar, Model ISIARE, Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini, iv ABSTRACT DEVELOPMENT OF FLASH BOARDS AS A LEARNING MEAN FOR EARLY CHILDREN'S COGNITIVE DEVELOPMENT Learning Media is an intermediary tool in providing material to students in the learning process. Learning media is a medium that transmits messages and can stimulate the thoughts, feelings and desires of students and influence cognitive development so that it can encourage the learning process in him. Learning media used in the learning process for early childhood in cognitive development usually use media in the form of print media (magazines, story books, posters) and audio-visual educational game tools (APE), flannel boards. In the learning process, throwing board media can be used to help children's cognitive development. The purpose of this study is to find out how the development, feasibility, and effectiveness of throwing board media as a learning tool for early childhood cognitive development. This study uses Research and Development (RnD) with the ISI-ARE development model which has 6 stages, namely: (1) Investigation (2) Strategy (3) Improve (4) Assessment (5) Realization (6) Estimation. The instruments used consisted of material validity sheets, media validation sheets, teacher practicality sheets, and student response sheets. This research was conducted at TK PGRI Bandar Lampung. Based on the results of this study illustrates that the throwing board media can be used as an alternative media for teachers to develop children's cognitive. It can be seen from the results of material expert validation, namely getting an average percentage of 93.05%, media expert validation getting an average percentage of 95%, testing the practicality aspect of educators getting a percentage of 93.05%, and for student responses getting the percentage of 89.58% which is included in the very feasible category. Based on the description above, it can be concluded that the throwing board media product is a learning tool for early childhood cognitive development. The one developed by the researcher was declared suitable to be used to improve the cognitive development of early childhood. Keywords: Throwing Board Media, ISIARE Model, Early Childhood Cognitive Development

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Apr 2022 03:02
Last Modified: 18 Apr 2022 03:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18835

Actions (login required)

View Item View Item