PENGGUNAAN MEDIA ORIGAMI DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI DI TK MUTIARA MIFTAHUL JANNAH SABAH BALAU LAMPUNG SELATAN

MARYUNI, HERLIAWATI (2022) PENGGUNAAN MEDIA ORIGAMI DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI DI TK MUTIARA MIFTAHUL JANNAH SABAH BALAU LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FUUL MARYUNI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pembelajaran pada hakikatnya merupakan penyediaan sistem lingkungan yang mengakibatkan terjadinya proses belajar mengajar pada diri siswa dengan mengoptimalkan potensi yang ada pada diri anak. Media pembelajaran merupakan segala sesuatu yang dapat menyampaikan dan menyalurkan pesan secara terencana agar terciptanya lingkungan yang kondusif. Pembelajaran yang dapat memotivasi peserta didik dalam pelaksanaan pembelajaran. Berdasarkan hasil riset Terdapat banyak media yang dapat digunakan untuk mengembangkan kreativitas salah satunya media origami. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Bagaimana Penggunaan Media Origami Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini di TK Mutiara Miftahul Jannah Sabah Balau Lampung Selatan. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus dengan design penelitian multicase design holistic(single unit of analisis). Yang dimana penelitian ini dilaksanakan disatu sekolah namun melibatkan bebarapa sumber data diantaranya guru kelas dan guru pendamping. Alasan peneliti menggunakan sumber data guru karena guru yang sepenuhnya melakukan penggunaan media origami, oleh karena itu guru diambil sebagai subjek penelitian. Sedangkan objek penelitian ini adalah masalah yang diteliti yaitu Penggunaan Media origami dalam mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini di TK Mutiara Miftahul Jannah Sabah Balau Lampung Selatan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan analisis dokumen. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan media origami dalam mengembangkan kreativitas anak didapati bahwa sebaiknya guru mampu menerapkan langkah-langkah dalam menggunakan media origami seperti halnya melakukan tahap persiapan yang meliputi guru menentukan bentuk, ukuran dan warna kertas yang akan digunakan dalam kegiatan serta mempersiapkan alat-alat lainya, tahap pelaksanakan meliputi guru membuat lipatan tahap demi tahap sesuai dengan bentuk dan tahap penyelesaian meliputi guru melengkapi bagian�bagian tertentu pada hasil anak. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa media origami dapat digunakan sebagai salah satu media alternative bagi guru dalam mengembangkan kreativitas anak. Kata kunci : Origami dan Kreativitas. iii ABSTRACT Learning is essentially the provision of an environmental system that results in a teaching and learning process in students by optimizing the potential that exists in the child. Learning media is anything that can convey and distribute messages in a planned manner in order to create a conducive environment. Learning that can motivate students in the implementation of learning. Based on the research results, there are many media that can be used to develop creativity, one of which is origami media. This type of research uses a qualitative approach with the type of case study with a holistic design of multicase research (single unit of analysis). Where this research was carried out in one school but involved several data sources including classroom teachers and accompanying teachers. The reason the researcher uses teacher data sources is because the teacher who fully uses the origami media, therefore the teacher is taken as the research subject. While the object of this research is the problem under study, namely the use of origami media in developing Early Childhood Creativity at Mutiara Miftahul Jannah Kindergarten, Sabah Balau, South Lampung. Data collection techniques using observation, interviews and document analysis. While the data analysis techniques used are data reduction, data display and verification or drawing conclusions. Based on the results of the study showing that the use of origami media in developing children's creativity, it was found that teachers should be able to apply the steps in using origami media as well as carrying out the preparation stage which includes the teacher determining the shape, size and color of the paper that will be used in activities and preparing tools In another, the implementation stage includes the teacher making folds step by step according to the form and the completion stage includes the teacher completing certain parts of the child's results. The results of this study illustrate that origami media can be used as an alternative media for teachers in developing children's creativity. Keywords: Origami and Creativity.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Apr 2022 02:58
Last Modified: 18 Apr 2022 02:58
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18834

Actions (login required)

View Item View Item