TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG UPAH KULI ONGGOK SINGKONG DIGANTI DENGAN SEMBAKO (Studi pada Lapak Onggok Singkong Hendra Wijaya Margomulyo Kotabumi Ilir Kabupaten Lampung Utara)

FAISAL, RAHMAN (2022) TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG UPAH KULI ONGGOK SINGKONG DIGANTI DENGAN SEMBAKO (Studi pada Lapak Onggok Singkong Hendra Wijaya Margomulyo Kotabumi Ilir Kabupaten Lampung Utara). Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FAISAL RAHMAN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Pekerjaan kuli onggok singkong merupakan pekerjaan hampir setiap warga di Margomulyo Kotabumi Ilir Kabupaten Lampung Utara, di Margomulyo terdapat beberapa warga yang memiliki lapak onggok singkong sehingga membuka peluang bagi sebagian warga di Margomulyo untuk bekerja sebagai kuli onggok singkong, pada praktek di lapangan juga terdapat berbagai permasalahan, antara lain lambatnya proses penjemuran onggok singkong akibat curah hujan yang sering terjadi. Hal tersebut mengakibatkan terhambatnya proses jual beli sehingga upah yang seharusnya diterima sesuai dengan ketentuan dan kesepakatan diawal yaitu berupa uang Rp. 50.000 per kuli onggok singkong yang dihasilkan dari tiga kuli onggok singkong, pertonasenya diupah seharga Rp.150.000, digantikan dengan sembako yang nominal nya tidak mencapai Rp. 50.000 tentu jelas merugikan kuli onggok singkong yang bekerja pada lapak di Margomulyo Kotabumi Ilir Kabupaten Lampung Utara. Sistem upah mengupah yang ada di Margomulyo merupakan sistem upah mengupah yang sudah lama terjadi dan menjadi kebiasaan. Masalah yang sering timbul pada upah mengupah ini ialah pada saat upah diberikan pemilik lapak, pihak kuli onggok singkong terkadang merasa kurang puas. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana sistem upah kuli onggok singkong yang diganti dengan sembako dan bagaimana tinjauan hukum Islam tentang sistem upah kuli onggok singkong pada lapak tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji pelaksanaan upah-mengupah kuli onggok singkong dan mengkaji pandangan hukum Islam terhadap masalah upah-mengupah kuli onggok singkong yang diganti dengan sembako di Margomulyo Kotabumi Ilir Kabupaten Lampung Utara. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field risearch), yang bersifat deskriptif. Studi pada lapak onggok singkong Hendra Wijaya Margomulyo Kabupaten Lampung Utara. Sumber data yang digunakan ialah sumber data primer dan sekunder. Pengumpulan data melalu wawancara. Menggunakan metode kualitatif. Setelah data terkumpul maka peneliti melakukan analisis kualitatif dengan menggunakan metode dengan cara berfikir deduktif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, bahwa dalam prakteknya nominal upah tidak sesuai dengan yang dijanjikan diawal. Ditinjau dari pandangan hukum Islam tidak diperbolehkan, sebab dalam praktek upah-mengupah yang ada di Lapak Onggok Singkong Hendra Wijaya Margomulyo Kotabumi Ilir Kabupaten

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Apr 2022 02:27
Last Modified: 18 Apr 2022 02:27
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18829

Actions (login required)

View Item View Item