TINAJUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PENGUPAHAN DALAM PENGELOLAAN TANAMAN WORTEL (Studi di Pekon Giham Sukamaju Kecamatan Sekincau Kabupaten Lampung Barat)

NANDA, AYU DAROZAH (2022) TINAJUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PENGUPAHAN DALAM PENGELOLAAN TANAMAN WORTEL (Studi di Pekon Giham Sukamaju Kecamatan Sekincau Kabupaten Lampung Barat). Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI NANDA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Salah satu bentuk kegiatan manusia dalam bidang muamalah adalah Ijârah. Ijârah berlaku umum atas setiap akad yang berwujud pemberian imbalan atas sesuatu manfaat yang diambil. Salah satu contoh penerapan prinsip ijarah yang dekat dengan kehidupan sehari hari kita adalah mekanisme pengupahan. Pekon Giham Sukamaju adalah salah satu sentra pengelolaan tanaman wortel yang juga menerapkan mekanisme pengupahan secara sederhana. Namun, terdapat permsalahan terkait dengan adanya tindakan untuk mempersulit dan menunda pemberian upah kepada pekerja, juga terdapat ketidakjelasan pemberian upahnya karena terkadang ada pemotongan upah. Berdasarkan pada latar belakang inilah penulis hendak meneliti lebih lanjut mengenai pandangan hukum Islam terkait dengan fenomena ini. Penelitian ini bertujuan untuk Bagaimana mekanisme pengupahan dalam pengelolaan tanaman wortel di Pekon Giham Sukamaju Kecamatan Sekincau Kabupaten Lampung Barat. Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap mekanisme pengupahan dalam pengelolaan tanaman wortel di Pekon Giham Sukamaju Kecamatan Sekincau Kabupaten Lampung Barat. Jenis penelitian yang dipergunakan ialah penelitian lapangan (field research). Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Sumber data berasal dari data primer yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi sedangkan data sekunder berasal dari literatur yang terkait dengan penelitian.. Kesimpulan penelitian adalah: Mekanisme pengupahan dalam pengelolaan tanaman wortel di Pekon Giham Sukamaju Kecamatan Sekincau Kabupaten Lampung Barat pada prinsipnya masih belum memenuhi seluruh unsur rukun dan syarat yang diwajibkan ada dalam prinsip pengupahan, hal ini karena masih terdapat unsur fasid dan ketidajelasan yang dapat menimbulkan potensi konflik serta juga memberikan keuntungan hanya kepada salah satu pihak saja sedangkan pihak lain dirugikan. Tinjauan hukum Islam terhadap mekanisme pengupahan dalam pengelolaan tanaman wortel di Pekon Giham Sukamaju Kecamatan Sekincau Kabupaten Lampung Barat adalah diperbolehkan, alasan pembolehan ini adalah karena aktivitas pengupahan ini merupakan bentuk atau wujud dari pelaksanaan tolong menolong antara sesama manusia sebagaimana semangat yang terkandung dalam surat Az-Zukhruf ayat 32, selain itu juga tidak bisa mengabaikan fakta sebagaimana dalam Q.S al-Zukhruf ayat 32 bahwa setiap manusia memiliki potensi dan keahlian yang berbeda-beda

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Apr 2022 02:21
Last Modified: 18 Apr 2022 02:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18828

Actions (login required)

View Item View Item