TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP JUAL BELI KEDELAI DENGAN PEMBAYARAN TUNDA (Studi di Desa Sribasuki Kecamatan Kotabumi Kota Kabupaten Lampung Utara)

SILVIA, FRANSISKA PUTRI (2022) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP JUAL BELI KEDELAI DENGAN PEMBAYARAN TUNDA (Studi di Desa Sribasuki Kecamatan Kotabumi Kota Kabupaten Lampung Utara). Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI SELVIA FRANSISKA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Praktik jual beli kedelai dengan pembayaran tunda merupakan praktik pembayaran yang dilakukan di desa Sribasuki Kecamatan Kotabumi Kota Kabupaten Lampung Utara. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan praktik pembayaran tunda yang dilakukan pada jual beli kedelai dan mengetahui tinjauan hukum Islam terhadap praktik pembayaran tunda yang dilakukan pada jual beli kedelai di desa Sribasuki Kecamatan Kotabumi Kota Kabupaten Lampung Utara Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara dan dokumentasi. Menggunakan metode kualitatif. Setelah data terkumpul maka peneliti melakukan analisis kualitatif dengan menggunakan metode dengan cara berfikir deduktif. Data primer diperoleh langsung dari responden mengenai jual beli kedelai dengan pembayaran tunda, sedangkan sekunder berupa teori-teori dan norma hukum yang diperoleh dari buku, internet dan jurnal. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, bahwa dalam praktik jual beli kedelai dengan pembayaran tunda yang dilakukan oleh penjual kedelai dan pemilik home industy tempe di Desa Sribasuki Kecamatan Kotabumi Kota Kabupaten Lampung Utara, bahwa dalam prakteknya tidak sesuai dengan yang dijanjikan diawal penjual kedelai akan memberikan 1 kwintal kedelai dalam setiap minggunya dan pembayaran akan dilakukan pada minggu selanjutnya dengan kenaikan harga 7% dari harga asli ternyata menjadi 10%. Ditinjau dari perspektif hukum Islam tidak diperbolehkan, sebab dalam praktek jual beli dengan pembayaran tunda tidak sesuai dengan hadis dan tidak memenuhi syarat pada perjanjian di awal yang dimana akan dibayarkan 7% perminggunya ternyata menjadi 10% tanpa adanya pemberitahuan dan kesepakatan. Kata Kunci : Hukum Islam, Jual Beli, Pembayaran Tunda

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Apr 2022 02:17
Last Modified: 18 Apr 2022 02:17
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18827

Actions (login required)

View Item View Item