IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DI UPT SDN 24 TUMIJAJAR TULANG BAWANG BARAT

SEFTY, ROSMANITA (2022) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DI UPT SDN 24 TUMIJAJAR TULANG BAWANG BARAT. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI SEFTY ROSMANITA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK IMPEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DI UPT SDN 24 TUMIJAJAR TULANG BAWANG BARAT Berdasarkan masalah di UPT SDN 24 Tumijajar Tulang Bawang Barat di peroleh data yakni sekolah sudah menerapkan pendidikan karakter peduli lingkungan melalui agenda kegiatan rutin sekolah, pembiasaan spontan, pembiasaan keteladanan, pengkondisian, budaya sekolah, serta kesehatan lingkungan, Dan melalui indicator-indikator peduli lingkungan, yaitu indicator sekolah, indicator kelas, inikator kelas rendah, dan idikator kelas tinggi. Namun masih terdapat pelanggaran yang terjadi disetiap kelas yang dilakukan peserta didik terhadap sikap peduli lingkungan seperti peserta didik membuang sampah di lingkungan sekolah, membuang sampah di dalam kelas, tidak melaksanakan piket kelas, serta merusak fasilitas yang ada di lingkungan sekolah kurangnya rasa sikap peduli peserta didik terhadap lingkungan sekolah, dan kurangnya pemanfaatan air bersih yang dilakukan peserta didik di WC sekolah. Peduli lingkungan memiliki tujuan agar siswa mampu bersikap peduli terhadap lingkunganya dan mampu mencegah terjadinya kerusakan lingkungan. Serta menjadi penyelamat lingkungan yang ada di sekitar sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian ini terletak di UPT SDN 24 Tumijajar Kabupaten Tulang Bawang Barat. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala sekolah, Guru Kelas, Serta peserta didik yang ada di UPT SDN 24 Tumijajar Tulang Bawang Barat. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi, Wawancara, Dokumentasi yang berhubungan dengan objek penelitian yang kemudian di analisis menggunakan metode analisis deskritif kualitatif, yaitu data-data yang tertulis, berdasarkan pengamatan yang terjadi saat penelitian berlangsung. Sehingga pada penelitian ini penulis mejabarkan data berdasarkan suatu fenomena yang terjadi secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya terjadi. Sesuai dengan rumusan masalah bahwasannya penerapan pendidikan karakter peduli lingkungan di UPT SDN 24 Tumijajar Tulang Bawang Barat melalui Kegiatan rutin, Pembiasaan Spontan, Pembiasaan Keteladanan, Pengkondisian, budaya sekolah, kesehtan lingkungan. dan melalui beberapa indicator-indikator peduli lingkungan. Sehingga Dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan pendidikan karakter peduli lingkungan di UPT SDN 24 Tumijajar Tulang Bawang Barat belum terlaksanakan dengan baik ada hambatan yang dihadapi dimana adanya peserta didik yang acuh terhadap kebersihan pada dirinya, rendahnya kepedulian terhadap sampah yang berserakan, peserta didik yang melanggar dan merusak fasilitas lingkungan sekolah. adanya kerjasama yang kurang terjalin oleh orang tua dan dewan guru, apalagi keadaaan pandemi yang menjadi penghambat dimana kegiatan rutin dan merawat tanaman, Belum Tersedianya panel surya dan biopori di sekolah serta pengolahan sampah organik menjadi kompos, Belum Tersedianya panel surya dan biopori di sekolah tidak dapat dilakukan dengan total karna aturan protokol kesehatan sehingga peserta didik tidak boleh berlama-lama di sekolah dan harus menjaga jarak atau sosial distance. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa pengimplementasian pendidikan karakter peduli lingkungan belum signifikan sesuai dengan yang diharapkan. Kata Kunci: Implementasi, Pendidikan Karakter, Peduli Lingkungan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 Apr 2022 06:59
Last Modified: 14 Apr 2022 06:59
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18824

Actions (login required)

View Item View Item