PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI LSQ ( LEARNING STARTS WITH A QUESTION) TERHADAP KEMAHIRAN MEMBACA (MAHARAH QIRA’AH) BAHASA ARAB PESERTA DIDIK KELAS X IPA MAN 1 PESAWARAN

Husnia, H (2017) PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI LSQ ( LEARNING STARTS WITH A QUESTION) TERHADAP KEMAHIRAN MEMBACA (MAHARAH QIRA’AH) BAHASA ARAB PESERTA DIDIK KELAS X IPA MAN 1 PESAWARAN. Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (21MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK PENGARUH PENGGUNAAN STRATEGI LSQ ( LEARNING STARTS WITH A QUESTION) TERHADAP KEMAHIRAN MEMBACA (MAHARAH QIRA’AH) BAHASA ARAB PESERTA DIDIK KELAS X IPA MAN 1 PESAWARAN Oleh Husnia Kemahiran membaca merupakan kemampuan mengenali dan memahami isi sesuatu yang tertulis dengan melafalkan atau mencernanya di dalam hati. Meliputi pola berpikir, menilai, menganalisa dan memecahkan masalah, Kemahiran membaca tidak akan berkembang jika tidak dilatih dan dikembangkan. Pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab di kelas X IPA MAN 1 Pesawaran masih cenderung fokus pada guru dan penyajian materi masih bersifat satu arah serta kurang melatih dan membiasakan peserta didik untuk memiliki kemahiran membaca, sehingga menyebabkan kemahiran membaca bahasa arab yang dimiliki peserta didik masih rendah. Berdasarkan dengan masalah tersebut, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian di MAN 1 Pesawaran. Rumusan masalah pada penelitian ini apakah terdapat pengaruh strategi learning starts with a question (LSQ) terhadap kemahiran membaca bahasa Arab peserta didik kelas X IPA MAN 1 Pesawaran. Dengan tujuan untuk mengetahui apakah penggunaan strategi LSQ terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kemahiran membaca (Maharah Qira’ah) peserta didik kelas X IPA MAN 1 Pesawaran. Adapun hipotesis penelitian yaitu terdapat atau tidak terdapat pengaruh strategi LSQ terhadap kemahiran membaca. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen kuasi design dengan rancangan posttest only control design dan jenis Deskriftif Kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA Pesawaran, dengan sampel yang digunakan 2 kelas dengan teknik acak kelas yaitu, kelas X IPA 2 sebagai kelas Eksperimen (menggunakan strategi LSQ), dan kelas X IPA 3 sebagai kelas kontrol (menggunakan metode konvensional). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes membaca untuk mengukur kemahiran membaca bahasa Arab berdasarkan indikator membaca. Analisis data yang digunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis dan pengujian hipotesis yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa strategi learning starts with a question (LSQ) pada kelas eksperimen memiliki pengaruh terhadap kemahiran membaca bahasa Arab. Hal ini dapat dilihat dengan menggunakan perhitungan uji-t dua sampel tidak berkolerasi. Maka nilai t sebesar = 5,4828 dan nilai t tabel =1,996. Nilai t > t tabel, sehingga Ho ditolak. Kata kunci : LSQ ( LEARNING STARTS WITH A QUESTION), Konvensional, Kemahiran membaca bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 02 Mar 2017 03:58
Last Modified: 02 Mar 2017 03:58
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/188

Actions (login required)

View Item View Item