PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CONTEXTUAL PUZZLE DIGITAL UNTUK MEMFASILITASI PEMBELAJARAN BIOLOGI PADA SISWA SMA KELAS X DI BANDAR LAMPUNG

Rahayu, Ana Novita (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CONTEXTUAL PUZZLE DIGITAL UNTUK MEMFASILITASI PEMBELAJARAN BIOLOGI PADA SISWA SMA KELAS X DI BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (73MB) | Preview

Abstract

Sarana dan prasarana serta teknologi yang tersedia terlihat belum digunakan secara optimal dalam kegiatan pembelajaran. Selain itu peserta didik kurang aktif, kurang kreatif, dan kurang berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran karena tidak terkait langsung dengan media pembelajaran yang digunakan guru. Alternatif untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan mengembangkan media pembelajaran contextual puzzle digital untuk memfasilitasi pembelajaran biologi pada siswa kelas X SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk : 1.) Mengembangkan media pembelajaran contextual puzzle digital pada materi archaebacteria dan eubacteria untuk memfasilitasi pembelajaran biologi. 2.) Mengetahui kelayakan media pembelajaran contextual puzzle digital pada pembelajaran biologi untuk menjelaskan materi archaebacteria dan eubacteria. Jenis penelitian ini yaitu penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D) yang didefinisikan oleh Borg and Gall. Tahapan yang digunakan hanya sampai pada tahap ketujuh dari kesepuluh tahapan Research and Development (R&D). Penelitian ini dilakukan di SMA Al-azhar 3 Bandar Lampung pada peserta didik kelas X IPA 5 dan X IPA 6. Penilaian ahli materi dinyatakan sangat layak dengan persentase 90%, berdasarkan penilaian ahli bahasa dan pendidikan dinyatakan dalam kriteria sangat layak dengan persentase 88%, penilaian ahli media dinyatakan dalam kriteria sangat layak dengan persentase 89%. Sedangkan respon guru biologi dengan persentase 91%. Respon peserta didik kelas X dalam kriteria sangat layak dengan persentase 91% di SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung. Berdasarkan penilaian tersebut kualitas media pembelajaran contextual puzzle digital pada materi archaebacteria dan eubacteria dinyatakan dalam kriteria sangat layak digunakan sebagai media pembelajran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Brama Sari
Date Deposited: 06 Nov 2017 01:49
Last Modified: 06 Nov 2017 01:49
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1879

Actions (login required)

View Item View Item