PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS TEXT BOOK APPLICATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF BIOLOGI SISWA KELAS XI DI SMA N 1 LABUHAN RATU

ULFAH, NUR KHOFIFAH (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS TEXT BOOK APPLICATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF BIOLOGI SISWA KELAS XI DI SMA N 1 LABUHAN RATU. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of cover bab 1-2+dapus.pdf] PDF
Download (20MB)
[thumbnail of full skripsi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS TEXT BOOK APPLICATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF BIOLOGI SISWA KELAS XI DI SMA N 1 LABUHAN RATU Oleh : Ulfah Nur Khofifah Pendidikan merupakan suatu upaya perubahan prilaku dan sikap seseorang untuk menyiapkan diri ketahap pendewasaan melalui kegiatan pengajaran maupun pelatihan untuk meningkatkan kualitas seseorang berpengaruh kepada pendidikan yang baik. Konsep pembelajaran biologi dalam kurikulum 2013 ialah sistem pembelajjaran yang ditekankan pada peserta didik sedangkan pendidik berperan penting untuk menyediakan pengalaman belajar melalui berbagai penerapan konsep dengan di dukung perangkat pembelajaran yang memadai berupa bahan ajar seperti modul. Penggunaan modul diharapkan dapat mengarahkan peserta didik untuk belajar aktif dan meningkatkan kemampuan berpikir peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui kelayakan produk modul pembelajaran biologi berbasis Text Book Application untuk mengukur tingkat kemampuan berpikir kreatif biologi siswa SMA kelas XI. (2) Mengetahui keefektifan modul pembelajaran biologi berbasis Text Book Application untuk mengukur tingkat kemampuan berpikir kreatif biologi siswa SMA kelas XI. (3) Mengetahui karakteristik modul pembelajaran iii Biologi berbasis Text Book Application untuk mengukur tingkat kemampuan berpikir kreatif biologi siswa SMA kelas XI. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Depelopment (R&D). prosedur penelitian ini menggunakan pengembangan model ADDIE, Adapun langkah-langkah penelitian meliputi 1) Analysis, 2) Design, 3) Development, 4) Implementation, 5) Evaluation. instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, angket kebutuhan peserta didik, angket respon pendidik dan peserta didik, angket uji validasi, dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa modul pembelajaran biologi yang dikembangkan secara keseluruhan memenuhi kriteria kelayakan setelah melewati validasi secara keseluruhan yaitu pada ahli materi memperoleh persentase sebesar 93,7% dengan kriteria sangat layak. selanjutnya untuk hasil validasi ahli bahasa memperoleh persentase sebesar 95,8 % dengan kriteria sangat layak. Dan pada hasil validasi ahli media diperoleh persentase sebesar 82,3% dengan kriteria sangat layak. Pada uji joba secara terbatas diperoleh persentase 80,9% dengan kriteria sangat layak, selanjutnya pada skala luas diperoleh persentase 79,9% dengan Kriteria Layak, dan pada uji coba kefektifan diperoleh ℎ = 13,90 sedangkan = 1,692. Maka dapat disimpulkan bahwa ℎ > , maka modul biologi berbasis Text Book Application dikatak efektif. Kata Kunci : Modul, Text Book Application, Kemampuan Berpikir Kreatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Apr 2022 04:51
Last Modified: 13 Apr 2022 07:09
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18789

Actions (login required)

View Item View Item