TINJAUANHUKUM ISLAM TERHADAP PENGHASILAN ADSENSE YOUTUBEDENGAN KONTEN DAKWAH ISLAM (Studi di Chanel Youtube Counten DakwahIslami)

RANI, SAFITRI (2022) TINJAUANHUKUM ISLAM TERHADAP PENGHASILAN ADSENSE YOUTUBEDENGAN KONTEN DAKWAH ISLAM (Studi di Chanel Youtube Counten DakwahIslami). Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1&5.pdf] PDF
Download (33MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL RANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (33MB)

Abstract

ABSTRAK Syirkah memiliki arti yaitu perkongsian baik dalam bidang perdagangan atau jasa adapun keuntungan dari usaha dibagi bersama secara proporsional dan sesuai dengan kesepakatan. Chanel Youtube Counten DakwahIslami adalah sebuah Chanel Youtube yang berisi konten dakwah Islam dan termasuk dalam kerja sama (Syirkah) dengan Adsense dalam bidang jasa pemasangan, penayangan iklan di Youtube Chanel. Iklan yang ditayangkan dalam Chanel Yotube Counten DakwahIslami, menampilkan aurat wanita dan menampilkan adegan perkelahian. Hal ini tidak memenuhi persyaratan iklan yang syari‟ah di bidang Visual. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana prosedur penghasilan dari Adsense Youtube dengan konten dakwah Islam di Chanel Youtube Counten DakwahIslami dan bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap penghasilan Adsense Youtube dengan konten dakwah di Chanel Youtube Counten DakwahIslami. Metode penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), yang bersifat deskriptif analisis dengan penarikan kesimpulan secara induktif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data melalui wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa prosedur penghasilan Adsense Yotube adalah hasil yang didapatkan oleh seorang pemilik Chanel Youtube dengan melakukan kerja sama atau Syirkah dengan Google Adsense untuk menampilkan iklan dibagian Chanel Youtube. Chanel Youtube Counten DakwahIslami mendapat penghasilan melalui Adsense Youtube dengan sistem CPM (Cost Per Mile), yaitu penghasilan yang didapat untuk 1.000 penayangan iklan dengan penghasilan yag didapat tidak menentu karena dipengaruhi faktor iklan apa yang ditayangkan, jumlah penonton, dan tarif iklan. Penghasilan Chanel Youtube Counten DakwahIslami ditagih oleh pihak Youtube kepada pihak Adsense dan disalurkan kepada pemilik Chanel Youtube Counten DakwahIslami yang dicairkan pada awal bulan sesuai dengan kesepakatan. Pada praktiknya iklan yang ditampilkan di Chanel Youtube Counten DakwahIslami diduga tidak sesuai dengan syariat Islam yaitu iklan yang menampilkan aurat perempuan, adegan perkelahian, dan adegan mesra. Kerja sama (Syirkah) antara Adsense Yotube dengan Chanel Youtube Counten DakwahIslami umumnya diperbolehkan dalam Hukum Islam, namun apabila Chanel Youtube Counten DakwahIslami menampilkan iklan yang Visualnya tidak sesuai dengan syariat Islam, yaitu menampilkan aurat seorang perempuan dan menampilkan adegan perkelahian. Hal ini tidak dihalalkan dalam Hukum Islam karena bertentangan dengan tujuan dakwah yang hakikatnya adalah menyebarkan kebaikan namun dalam konteks ini menyebarkan keburukan Kata Kunci: Syirkah, Youtube, Adsense Youtube.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Apr 2022 04:12
Last Modified: 13 Apr 2022 04:12
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18778

Actions (login required)

View Item View Item