ANALISIS PENGARUH NON PERFORMING FINANCING, KEWAJIBAN PENYEDIAAN MODAL MINIMUM (KPMM), UKURAN PERUSAHAAN DAN NET INTEREST MARGIN (NIM) TERHADAP CADANGAN KERUGIAN P ENURUNAN NILAI PT BRI SYARIAH DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

Youri, Djorkaeff (2022) ANALISIS PENGARUH NON PERFORMING FINANCING, KEWAJIBAN PENYEDIAAN MODAL MINIMUM (KPMM), UKURAN PERUSAHAAN DAN NET INTEREST MARGIN (NIM) TERHADAP CADANGAN KERUGIAN P ENURUNAN NILAI PT BRI SYARIAH DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI YOURI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Cadangan Kerugian Penurunan Nilai adalah pembentukan atau penyisihan dana dinilai dari hasil evaluasi pembiayaan debitur yang dilakukan oleh Bank. Jika menurut suatu Bank terdapat bukti objektif bahwa pembiyaan dari debitur itu mengalami impairment (penurunan), maka Bank itu harus membentuk dana cadangan atas pembiayaan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Non Performing Financing (NPF), Kewajiban Penyediaan Modal Minimum (KPMM), Ukuran Perusahaan (SIZE) dan Net Interest Margin (NIM) terhadap Cadangan Kerugian Penurunan Nilai PT. Bank BRI Syariah. Variabel idependen dalam penelitian ini adalah Non Performing Financing (NPF), Kewajiban Penyediaan Modal Minimum (KPMM), Ukuran Perusahaan (SIZE) dan Net Interest Margin (NIM), sedangkan variabel dependen adalah Cadangan Kerugian Penurunan Nilai. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan metode pengambilan sampel menggunakan Purposive sampling. Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan Bank BRI Syariah. Sampel di dalam penelitian ini adalah diambil dari laporan keuangan triwulan BRI syariah tahun 2013 sampai 2020, sehingga berjumlah 32 laporan keuangan sebagai data pengamatan. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis Regresi Linier Berganda. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah program SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Non Performing Financing (NPF) berpengaruh terhadap Cadangan Kerugian Penurunan Nilai PT. Bank BRI Syariah, Kewajiban Penyediaan Modal Minimum (KPMM) tidak berpengaruh terhadap Cadangan Kerugian Penurunan Nilai PT Bank BRI Syariah, Ukuran Perusahaan (SIZE) berpengaruh terhadap Cadangan Kerugian Penurunan Nilai PT. Bank BRI Syariah, Net Interest Margin (NIM) berpengaruh terhadap Cadangan Kerugian Penurunan Nilai PT. Bank BRI Syariah, kemudian secara bersama-sama bahwa Non Performing Financing (NPF), Kewajiban Penyediaan Modal Minimum (KPMM), Ukuran Perusahaan (SIZE) dan Net Interest Margin (NIM) berpengaruh terhadap Cadangan Kerugian Penurunan Nilai PT. Bank BRI Syariah. Kata kunci : Non Performing Financing (NPF), Kewajiban Penyediaan Modal Minimum (KPMM), Ukuran Perusahaan (SIZE), Net Interest Margin (NIM), Cadangan Kerugian Penurunan Nilai, Bank BRI Syariah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Apr 2022 04:08
Last Modified: 13 Apr 2022 04:08
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18776

Actions (login required)

View Item View Item