TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG PRAKTIK PENUKARAN SAMPAH DENGAN SEMBAKO (Studi Kasus di TPS 3R Kelurahan Pringsewu Barat, Kecamatan Pringsewu, Kabupaten Pringsewu)

NURUL, FAJRI (2022) TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG PRAKTIK PENUKARAN SAMPAH DENGAN SEMBAKO (Studi Kasus di TPS 3R Kelurahan Pringsewu Barat, Kecamatan Pringsewu, Kabupaten Pringsewu). Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI NURUL FAJRI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pertukaran merupakan perkara yang tidak bisa dipisahkan dalam interaksi kehidupan manusia. Pertukaran merupakan sebuah kegiatan dagang yang melakukan transaksi antara penjual dan pembeli dengan cara menukarkan suatu barang dengan barang lainnya atau (barter) dan pertukaran barang dengan uang (jual-beli) sebagaimana yang sering dilakukan pada masa dewasa ini. Pertukaran barang yang satu dengan barang yang lain sudah jarang digunakan, namun terjadi di TPS 3R Kelurahan Pringsewu Barat Kecamatan Pringsewu Kabupaten Pringsewu. Transaksi yang dilakukan oleh masyarakat tersebut ialah penukaran sampah dengan sembako dimana masyarakat membawa sampah mereka untuk ditukarkan dengan sembako di TPS 3R Kelurahan Pringsewu Barat Kecamatan Pringsewu Kabupaten Pringsewu. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana praktik penukaran sampah dengan sembako di TPS 3R Kelurahan Pringsewu Barat Kecamatan Pringsewu Kabupaten Pringsewu dan bagaimana tinjauan hukum Islam tentang praktik penukaran sampah dengan sembako di TPS 3R Kelurahan Pringsewu Barat Kecamatan Pringsewu Kabupaten Pringsewu. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dan penelitiannya bersifat induktif, sumber datanya berasal dari hasil penelitian lapangan. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi dan interview. Berdasarkan hasil penelitian, praktik penukaran sampah dengan sembako yang terjadi di TPS 3R Kelurahan Pringsewu Kecamatan Pringsewu Kabupaten Pringsewu merupakan transaksi pertukaran barang yang dilakukan antara pihak pengelola TPS 3R dengan masyarakat Kelurahan Pringsewu Barat. Dalam transaksi tersebut para warga yang memiliki sampah rumahan dibawa ke TPS 3R Kelurahan Pringsewu Barat Kecamatan Pringsewu Kabupaten Pringsewu untuk dipilah mana saja sampah yang masuk kategori untuk dapat ditukarkan dengan sembako. Sampah yang masuk kategori untuk dapat ditukarkan dengan sembako ialah sampah anorganik. Setelah dipilah kemudian sampah yang sudah masuk kategori dapat ditukarkan dengan sembako tadi ditimbang oleh pihak pengelola TPS 3R, dan tahap terakhir yaitu penghitungan barang sembako apa saja yang dapat ditukarkan oleh warga tersebut. Menurut hukum Islam pelaksanaan praktik penukaran sampah dengan sembako di TPS 3R Kelurahan Pringsewu Barat Kecamatan Pringsewu Kabupaten Pringsewu diperbolehkan walaupun objeknya sampah asalkan pemanfaatan barang-barang tersebut bukan untuk keperluan bahan makanan atau dikonsumsi. Kata Kunci: Penukaran, Sampah, Sembako

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 Apr 2022 03:58
Last Modified: 13 Apr 2022 03:58
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18767

Actions (login required)

View Item View Item