PENGEMBANGAN MODUL INTERAKTIF FLIPBUILDER BERBASISMODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MEMBERDAYAKAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK

RAHMA, HANDAYANI SUGARA (2022) PENGEMBANGAN MODUL INTERAKTIF FLIPBUILDER BERBASISMODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MEMBERDAYAKAN LITERASI SAINS PESERTA DIDIK. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 2, DAPUS RAHMA HANDAYANI SUGARA.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI RAHMA HANDAYANI SUGARA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan hasil penelitian di SMA N 2 Tumijajar Tulang Bawang Barat terhadap mata pelajaran Biologi didapatkan bahwa modul yang digunakan dari segi desain masih berbentuk cetakan, cover sangat sederhana, hanya satu jenis font huruf, gambar belum jelas, dan belum terkoneksi internet. Dari segi materi belum terdapat soal pramateri, belum terdapat tokoh dan wawasan biologi, materi hanya sedikit, materi belum terdapat video, belum ada kesimpulan dan soal penguasaan di akhir subbab. Dari segi bahasa, bahasanya sangat sederhana belum terdapat kata-kata renungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul interaktif flipbuilder berbasis model discovery learning, mengetahui kelayakan modul interaktif flipbuilder berbasis model discovery learning, mengetahui respon peserta didik terhadap modul interaktif flipbuilder berbasis model discovery learning. Penelitian ini menggunakan metode R&D yang mengadopsi model pengembangan dari Borg & Gall. Instrumen yang dipakai untuk pengumpulan data adalah angket validasi ahli materi, ahli Bahasa, dan ahli media untuk mengetahui kelayakan dari modul interaktif flipbuilder berbasis model discovery learning serta angket respon pendidik dan peserta didik untuk mengetahui pendapatnya terhadap modul interaktif dan soal penguasaan konsep untuk peserta didik. Hasil penelitian pengembangan modul interaktif flipbuilder berbasis model discovery learning dari segi desain sudah dipadukan dengan teknologi, cover sudah disesuaikan dengan materi, font huruf sudah ditambah, gambar sudah diperjelas, dan sudah dikoneksikan dengan internet. Dari segi materi sudah terdapat soal pramateri, sudah terdapat tokoh dan wawasan biologi, materi sudah diperbanyak, materi sudah terdapat video, sudah ada kesimpulan dan soal penguasaan di akhir subbab. Dari segi bahasa, bahasanya lebih kompleks, sudah terdapat kata-kata iv renungan, kata asing biologi sudah dicetak tebal dan setiap subbab sudah dipisah dengan subbab lainnya. Kelayakan modul interaktif flipbuilder berbasis model discovery learning mendapatkan skor penilaian ahli desain 100%, ahli materi 100%, dan ahli bahasa 100% sehingga persentase rata-rata sebesar 100% dikategorikan sangat layak. Respon pendidik mendapat hasil sebesar 97%. Respon peserta didik pada modul interaktif flipbuilder berbasis model discovery learning medapatkan skor uji coba kelompok kecil 95% dan untuk uji coba kelompok besar 96% sehingga persentase rata-rata dari uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar sebesar 95,5% dikategorikan sangat menarik. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa pengembangan modul interaktif flipbuilder berbasis model discovery learning dari segi desain menjadi lebih menarik, dari segi materi menjadi lebih lengkap dan dari segi bahasa menjadi lebih jelas dan mudah dipahami. Kelayakan modul interaktif flipbuilder berbasis model discovery learning dari tim ahli desain, materi, dan bahasa mendapatkan persentase sebesar 100% dikategorikan sangat layak, dan respon peserta didik dari kelompok kecil dan besar mendapatkan persentase sebesar 95,5% dikategorikan sangat menarik, sehingga secara keseluruhan modul interaktif flipbuilder berbasis model discovery learning dapat digunakan di sekolah untuk pembelajaran. Kata Kunci :Modul Interaktif, Flipbuilder, Literasi Sains, Modul Discovery Learning, Keanekaragaman Hayati

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Apr 2022 07:38
Last Modified: 12 Apr 2022 07:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18761

Actions (login required)

View Item View Item