PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR PADA PESERTA DIDIK DI ERA COVID-19 DI MTS MUHAMMADIYAH SUKARAME BANDAR LAMPUNG

ANISA, ASREYA (2022) PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR PADA PESERTA DIDIK DI ERA COVID-19 DI MTS MUHAMMADIYAH SUKARAME BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI ANISA ASREYA .pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Kejenuhan Belajar adalah kejenuhan adalah padat atau penuh sehingga tidak mampu lagi memuat apapun. Jenuh dapat diartikan sebagai jemu, bosan. Jenuh belajar = learning plateau kejenuhan belajar merupakan rentang waktu tertentu yang digunakan untuk belajar tetapi tidak mendatangkan hasil.Kejenuhan dalam proses belajar mengajar di dunia pendidikan merupakan suatu hal yang sangat mempengaruhi peserta didik dan mampu menghambat proses pendidikan peserta didik.Dalam mengoptimalkan kemampuan peserta didik pada proses belajar terdapat beberapa peserta didik yang memiliki Kejenuhan belajar pada kelas VIIUnggulan MTs Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui Bagaimana peran guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi kejenuhan belajar peserta didik di era pandemi COVID-19 di MTS Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung, mengetahui Bagaimana kondisi kejenuhan belajar peserta didik serta faktor penyebabnya di MTS Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung, Untuk mengetahui Bagaimana program dari pelaksanaan pelayanan dalam mengatasi kejenuhan belajar peserta didik di MTS Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung dan Untuk mengetahui Bagaimana hasil dari faktor pendukung serta penghambat dalam mengatasi kejenuhan belajar peserta didik di MTS Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung. Rumusan masalah Bagaimana peran guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi kejenuhan belajar peserta didik di massa pandemi COVID-19 di MTS Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung, Bagaimana kondisi kejenuhan belajar peserta didik serta faktor penyebabnya di MTS Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung, Bagaimana program dari pelaksanaan pelayanan dalam mengatasi kejenuhan belajar peserta didik di MTS Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung dan Bagaimana hasil dari faktor pendukung serta penghambat dalam mengatasi kejenuhan belajar peserta didik di MTS Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung Adapun hasil penelitian . Peran guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi kejenuhan belajar peserta didik di era pandemi COVID-19 di MTS Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung dengan menggunakan teknik games sehingga peserta didik tidak mengalami kejenuhan dalam belajar. kondisi kejenuhan belajar peserta didik serta faktor penyebabnya di MTS Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung, kondisi kejenuhan belajar di mts muhammadiyah terbilang tinggi factor utama adalah pemebelajaran yang kurang menarik dan tidak inovasi. Program dari pelaksanaan pelayanan dalam mengatasi kejenuhan belajar peserta didik di MTS Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung dengan menggunakan program games. Dan Hasil dari faktor pendukung serta penghambat dalam mengatasi kejenuhan belajar peserta didik di MTs Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung, faktor pendukung adalah dengan keterbukaan serta pihak sekolah yang sangata mendukung penelitian namun faktor penghambaat adalah keterbatasaan dengan adanya musibah Covid 19. Kata Kunci: Bimbingan dan Konseling, Kejenuhan Belajar, Covid-19 iv ABSTRAC Learning saturation is saturation is solid or full so it can no longer contain anything. Saturated can be interpreted as bored, bored. Study saturation = learning plateau, learning saturation is a certain period of time that is used to study but does not bring results. Saturation in the teaching and learning process in the world of education is something that greatly affects students and is able to hinder the educational process of students. The purpose of this study was to find out how the role of guidance and counseling teachers in overcoming student learning saturation in the COVID-19 pandemic mass at MTS Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung, to find out how the condition of student learning saturation and the factors causing it at MTS Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung. knowing how the program from implementing services in overcoming student boredom at MTS Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung and to find out how the results of the supporting and inhibiting factors in overcoming student learning saturation at MTS Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung. Problem formulation: How is the role of guidance and counseling teachers in overcoming student learning saturation in the COVID-19 pandemic mass at MTS Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung, How is the condition of student learning saturation and the factors causing it at MTS Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung, How is the program of service implementation in overcoming learning saturation of students at MTS Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung and what are the results of the supporting and inhibiting factors in overcoming student boredom at MTS Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung The research results. The role of guidance and counseling teachers in overcoming student learning saturation in the COVID-19 pandemic mass at MTS Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung by using game techniques so that students do not experience boredom in learning. the condition of student learning saturation and the factors causing it at MTS Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung, the condition of learning saturation at MTs muhammadiyah is fairly high, the main factor is learning that is less interesting and not innovative. The program of implementing services in overcoming student boredom at MTS Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung by using games programs. And the results of the supporting and inhibiting factors in overcoming the learning saturation of students at MTs Muhammadiyah Sukarame Bandar Lampung, the supporting factor is openness and the school who really supports research but the inhibiting factor is the limitation due to the Covid 19 disaster. Keywords: Guidance and Counseling, Study Saturation, Covid-19

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Apr 2022 07:26
Last Modified: 12 Apr 2022 07:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18760

Actions (login required)

View Item View Item