TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP SISTEM BANTUAN PANGAN NON TUNAI (BPNT) MELALUI E-WARUNG UNTUK KESEJAHTERAAN MASYARAKAT (Studi di Desa Lumbirejo Kecamatan Negeri Katon Kabupaten Pesawaran)

Wasiatun, Khoiriah (2022) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP SISTEM BANTUAN PANGAN NON TUNAI (BPNT) MELALUI E-WARUNG UNTUK KESEJAHTERAAN MASYARAKAT (Studi di Desa Lumbirejo Kecamatan Negeri Katon Kabupaten Pesawaran). Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (8MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL WASIATUN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) adalah bantuan sosial pangan dalam bentuk non tunai dari pemerintah yang diberikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) setiap bulanya melalui E-Warung yang bekerjasama dengan bank. Pemerintah mengadakan program tersebut tentunya memiliki tujuan yaitu untuk mengurangi beban pengeluaran serta memberikan nutrisi yang lebih seimbang kepada kpm yang lebih tepat sasaran dan tepat waktu. Rumusan masalah penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan Sistem Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) melalui E-Warung Di Desa Lumbirejo Kecamatan Negeri Katon Kabupaten Pesawaran, serta bagaimana Tinjauan hukum Islam terhadap Sistem Bantuan Pangan Non Tunai Melalui E-Warung. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Analisis data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uraian diatas menunjukkan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Melalui E-Warung Untuk Kesejahteraan Masyarakat sudah terlaksana dengan cukup baik di Desa Lumbirejo. Namun, terdapat beberapa kendala yang tidak krusial namun cukup berpengaruh bagi kesejahteraan masyarakat. Hasil dari penelitian ini adalah pelaksanaan Sistem Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) melalui E-Warung Di Desa Lumbirejo Kecamatan Negeri Katon Kabupaten Pesawaran dilakukan secara bertahap mulai dari pendataan warga melalui cek kuota di E-Warung, pengajuan pemesanan komoditi pangan BPNT pada Suplayer, pengumpulan komoditi pangan bantuan oleh suplayer hingga pengiriman bantuan ke E-warung dan terakhir pembagian bantuan dari E-warung kepada masyarakat penerima bantuan. Tinjauan Hukum Islam terhadap Sistem Bantuan Pangan Non Tunai Melalui E-Warung untuk kesejahteraan masyarakat sudah memenuhi syariat Hukum Islam, Khiyar „Aib yang diterapkan dalam Bai‟ As-salam pada praktik batuan pangan non tunai melalui E-warung sudah memenuhi standar Syariat Hukum Islam dan dinyatakan Halal

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Apr 2022 04:36
Last Modified: 12 Apr 2022 04:36
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18753

Actions (login required)

View Item View Item