MANAJEMEN KELAS DI MADRASAH ALIYAH MA’ARIF 10 SENDANG AGUNG LAMPUNG TENGAH

WULAN, PANGESTI (2022) MANAJEMEN KELAS DI MADRASAH ALIYAH MA’ARIF 10 SENDANG AGUNG LAMPUNG TENGAH. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI WULAN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Pembelajaran online dilakukan semenjak adanya pandemi covid-19 dan dalam pelaksanaan pembelajaran online yang berlangsung terdapat kendala-kendala yang dihadapi seperti peserta didik cenderung kurang konsentrasi dan tidak antusias saat pembelajaran online berlangsung, bahkan terlihat seperti tidak memperhatikan materi pembelajaran yang diberikan oleh guru. Sehingga kemampuan guru dalam manajemen kelas pada pembelajaran online merupakan faktor utama dalam rangka keberhasilan proses pembelajarannya. Apabila guru tidak mampu memanajemen kelas bagi peserta didiknya, maka proses belajar mengajar akan tidak efisien karena pada masa covid-19 saat ini mayoritas kegiatan pembelajaran dilakukan secara online. Rumusan Masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana kemampuan guru dalam manajemen kelas di kelas X Madrasah Aliyah Ma’arif 10 Sendang Agung yakni dalam hal menghentikan tingkah laku anak didik yang menyelewengkan perhatian kelas, memberikan ganjaran bagi ketepatan waktu penyelesaian tugas anak didik, mampu mengembangkan hubungan baik dengan anak didik, dan mampu mengatur kegiatan kelompok?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan guru dalam manajemen kelas pembelajaran online kelas X di Madrasah Aliyah Ma’arif 10 Sendang Agung Lampung Tengah yakni dalam hal menghentikan tingkah laku anak didik yang menyelewengkan perhatian kelas, memberikan ganjaran bagi ketepatan waktu penyelesaian tugas anak didik, mampu mengembangkan hubungan baik dengan anak didik, dan mampu mengatur kegiatan kelompok. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang di peroleh di analisis dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. serta melakukan uji keabsahan data dengan triangulasi teknik. Hasil penelitian dan kesimpulan yang diperoleh mengenai manajemen kelas pembelajaran online kelas X di MA Ma’arif 10 iii Sendang Agung yaitu semua guru di Ma’arif 10 Sendang Agung supaya siswa memperhatikan kelas mata pelajaran, yaitu dengan melakukan tahap-tahap dan kebiasaan yang sama seperti ketika belajar tatap muka. Siswa yang telat mengumpulkan tugasnya, maka para guru sudah sepakat untuk memberikan konsekuensi berupa pengurangan nilai. Jadi siswa yang mengumpulkan tugas tepat waktu dengan siswa yang terlambat mengumpulkan tugasnya tentu saja nilainya berbeda. Komunikasi guru dengan para siswa pada masa pembelajaran online sekarang ini, tetap berjalan dengan baik karena memang setiap guru pada mata pelajaran mengimbau agar membuat whatsapp grup masing-masing sehingga justru lebih mudah untuk berkomunikasi apabila ada hal-hal yang perlu ditanyakan. Tugas Kelompok juga dikumpulkan lewat whatsapp grup mata pelajaran masing-masing yang sudah ada. Walaupun sekarang belajar online, tapi tugas kelompok tetap ada dan justru lebih variatif dan unik. Karena siswa diberikan tugas untuk membuat video kreatif yang isinya menjelaskan tugas yang sudah dikerjakan oleh mereka sendiri itu seperti apa. Kata Kunci : Manajemen Pembelajaran Online, Manajemen Kelas, Belajar Daring iv ABSTRAK Online learning has been carried out since the Covid-19 pandemic and in the implementation of online learning that takes place there are obstacles faced such as students tend to lack concentration and are not enthusiastic when online learning takes place, it even looks like they do not pay attention to the learning materials provided by the teacher. So that the ability of teachers in classroom management in online learning is a major factor in the success of the learning process. If teachers are not able to manage classes for their students, the teaching and learning process will be inefficient because during the current Covid-19 period, the majority of learning activities are carried out online. The formulation of the problem in this study is how the teacher's ability in class management in class X Madrasah Aliyah Ma'arif 10 Sendang Agung is in terms of stopping the behavior of students who deviate from class attention, giving rewards for punctuality in completing students' assignments, being able to develop good relationships with students, and able to organize group activities?. This study aims to describe the teacher's ability to manage online learning classes for class X at Madrasah Aliyah Ma'arif 10, Sendang Agung, Central Lampung, namely in terms of stopping the behavior of students who deviate from class attention, giving rewards for punctuality in completing students' assignments, being able to develop good relationship with students, and able to organize group activities. This research method uses descriptive qualitative. The method used in this research is in the form of observation, interviews, and documentation. The data obtained were analyzed by data reduction steps, data presentation, and drawing conclusions. and to test the validity of the data by using triangulation techniques. The results and conclusions obtained regarding the management of class X online learning at MA Ma'arif 10 Sendang Agung, namely all teachers at Ma'arif 10 Sendang Agung so that students pay attention to class subjects, namely by doing the same steps and habits as when face-to-face learning. Students who are late in submitting their assignments, the teachers have agreed to give v consequences in the form of a reduction in grades. So students who collect assignments on time with students who are late in submitting their assignments of course have different grades. Communication between teachers and students in the current online learning period is still going well because indeed every teacher in the subject calls for making their own WhatsApp groups so that it is easier to communicate if there are things that need to be asked. Group assignments are also collected via the existing whatsapp group of each subject. Although now learning online, group assignments still exist and are even more varied and unique. Because students are given the task of making creative videos that explain what the tasks they have done themselves look like. Keywords: Online Learning Management, Class Mangement, Daring Learning

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Apr 2022 04:14
Last Modified: 12 Apr 2022 06:00
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18752

Actions (login required)

View Item View Item