PENGARUH MODEL FOCUS EXPLORE REFLECT APPLY (FERA) DENGAN PENDEKATAN SCIENCE WRITING HEURISTIC (SWH) UNTUK MENINGKATKAN ADVERSITY QUOTIENT PESERTA DIDIK DAN LITERASI MATEMATIS

NOFA, PUTRI AYANI (2022) PENGARUH MODEL FOCUS EXPLORE REFLECT APPLY (FERA) DENGAN PENDEKATAN SCIENCE WRITING HEURISTIC (SWH) UNTUK MENINGKATKAN ADVERSITY QUOTIENT PESERTA DIDIK DAN LITERASI MATEMATIS. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI KECIL NOFA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan adversity quotient dan literasi matematis dalam pembelajaran matematika sangat penting untuk dimiliki oleh peserta didik agar dapat meningkatkan hasil belajar peserta, peserta didik dapat mengidentifikasi dan memahami peran matematika dalam kehidupan nyata, serta mampu mengolah kesulitan yang ada dengan kecerdasan yang dimiliknya sehingga menjadi sebuah tantangang untuk menyelesaikannya. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui apakah terdapat perbedaan peningkatan kemampuan adversity quotient antara peserta didik yang diberikan model pembelajaran FERA dengan pendekatan SWH dengan peserta didik yang diberikan model pembelajaran discovery learning, 2) mengetahui apakah terdapat perbedaan peningkatan kemampuan literasi matematis antara peserta didik yang diberikan model pembelajaran FERA dengan pendekatan SWH dengan peserta didik yang diberikan model pembelajaran discovery learning, 3) mengetahui apakah terdapat perbedaan peningkatan kemampuan adversity quotient dan literasi matematis secara bersama-sama antara peserta didik yang diberikan model pembelajaran FERA dengan pendekatan SWH dengan peserta didik yang diberikan model pembelajaran discovery learning. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Baradatu Way Kanan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Quasi eksperimental design dengan rancangan penelitian menggunakan rancangan pretest dan posttest. Teknik analisis data yaitu menggunakan uji homogenitas, uji normalitas, uji N-gain, serta uji one way manova. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa, : 1) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan adversity quotient antara peserta didik yang diberikan model pembelajaran FERA dengan pendekatan SWH dengan peserta didik yang diberikan model pembelajaran discovery learning, 2) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan literasi matematis antara peserta didik yang diberikan model pembelajaran FERA dengan pendekatan SWH dengan peserta didik yang diberikan model pembelajaran discovery learning, 3) terdapat perbedaan peningkatan kemampuan adversity quotient dan literasi matematis secara bersama�sama antara peserta didik yang diberikan model pembelajaran FERA dengan pendekatan SWH dengan peserta didik yang diberikan model pembelajaran discovery learning. Kata kunci: FERA, SWH, Adversity Quotient, Literasi Matematis

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Apr 2022 03:25
Last Modified: 12 Apr 2022 03:25
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18749

Actions (login required)

View Item View Item