MANAJEMEN DAN STRATEGI DALAM PEMBIAYAAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI BMT FAJAR BINA SEJAHTERA KANTOR CABANG SEMULI JAYA LAMPUNG UTARA

SELVIA, MERLIANI (2022) MANAJEMEN DAN STRATEGI DALAM PEMBIAYAAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI BMT FAJAR BINA SEJAHTERA KANTOR CABANG SEMULI JAYA LAMPUNG UTARA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL SELVI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah masyarakat sekitar banyak yang belum memahami bahwasanya di BMT Fajar tersebut bisa meminjamkan dana untuk modal membuka usaha seperti pada pembiayaan UMKM, sehingga banyak orang yang meminjam dana untuk modal usaha yaitu meminjam di lembaga keuangan non syariah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen dan strategi yang diterapkan di BMT Fajar Bina Sejahtera Kantor Cabang Semuli Jaya. Peneliti ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Selain itu, metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, pengamatan (observation), dan dokumentasi dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa manajemen yang diterapkan pada BMT Fajar adalah perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan. Strategi yang diterapkan pada BMT Fajar yaitu strategi penetrasi pasar, strategi pengembangan produk dan strategi pengembangan pasar. Dalam menjaring calon anggota pembiayaan, BMT Fajar tidak hanya bersaing dengan sesama lembaga keuangan syariah namun juga bersaing dengan lembaga keuangan konvensional lainnya. Dalam hal ini peran BMT sangat diperlukan untuk mengajak masyarakat mengenalkan produk-produk pembiayaan yang ada pada BMT dengan menggunakan manajemen dan strategi yang tepat dalam menarik minat nasabah BMT maupun calon anggota. Terlihat pada tahun 2018 jumlah anggota pembiayaan 148, pada tahun 2019 berjumlah 252, pada tahun 2020 berjumlah 257, dan pada tahun 2021 berjumlah 249. Kemudian data ditahun 2021 ditiap bulannya mengalami penurunan yang cukup signifikan dikarenakan adanya covid-19 yang telah melanda Indonesia dan sangat mempengaruhi para pelaku usaha UMKM. Kata Kunci : Manajemen, Strategi, Pembiayaan UMKM iii ABSTRACT The problem studied in this study is that there are still many people around who do not understand that at BMT Fajar can lend funds for capital to open a business such as financing for UMKM, so that many people borrow funds for business capital, namely borrowing from non Islamic financial institutions. The purpose of this study was to determine the management and strategies applied at BMT Fajar Bina Sejahtera Semuli Jaya Branch Office. This researcher uses the type of field research (field research) which is descriptive by using primary data and secondary data. In addition, the data collection method in this study used the interview, observation, and documentation method in this study was a qualitative descriptive field research. Based on the results of the study, it was concluded that the management applied to Fajar BMT was planning, organizing, actuating, and controlling. The strategies applied to Fajar BMT are market penetration strategies, product development strategies, and market development strategies. In recruiting prospective financing members, BMT Fajar not only compete with Islamic financial institutions but also competes with other conventional financial institutions. In this case the role of BMT is very necessary to invite the public to introduce existing financing products to BMT and prospective members. Seen in 2018 the number of financing members 148, in 2019 amounted to 252, in 2020 amounted to 257, and in 2021 the number is 249. Then the data in 2021 each month has decreased significantly due to the Covid-19 that hit Indonesia and greatly affected MSME business actors. Keywords : Management, Strategy, MSME financing

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Apr 2022 02:49
Last Modified: 12 Apr 2022 02:49
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18745

Actions (login required)

View Item View Item