DESAIN PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE 3 UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS IV SD/MI

Leni, Riana (2022) DESAIN PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE 3 UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS IV SD/MI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (10MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian dilakukan dengan mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif berbasis Articulate Storyline 3 untuk meningkatkan minat belajar IPA pada materi bagian-bagian tumbuhan kelas IV di SD/MI. Berkenaan dengan proses pembelajaran selama ini guru belum pernah menggunakan multimedia interaktif, dan masih sering menggunakan media sederhana berupa buku paket dalam penyampaian materi sehingga banyak siswa yang mudah bosan dan mengantuk saat pembelajaran berlangsung. Dengan adanya media pembelajaran yang kreatif dan inovatif berupa multimedia interaktif akan mendorong minat belajar dan menarik perhatian peserta didik dalam belajar IPA. Metode Penelitian menggunakan desain penelitian pengembangan (R&D mengacu pada model yang telah dikembangakan oleh Borg and Gall. Adapaun langkah-langkahnya (1) Potensi dan masalah, (2) Pengumpulan data, (3) Desain produk, (4) Validasi desain, (5) Revisi Desain (6) Uji coba produk, (7) Revisi produk, (8) Uji coba pemakaian, (9) Revisi produk, (10) Produk masal. Temapt uji coba model ini dilakukan di tiga sekolah yakni SDN 04 Dayamurni, UPT SDN 25 Tulang Bawang Tengah, MI Nurul Iman Tulang Bawang Barat. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah wawancara, angket, dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan angket data kualitatif yang dikuantitatifkan menggunakan Skala Likert dengan kriteria lima tingkat kemudian dianalisis melalui perhitungan presentase rata-rata skor item pada setiap pertanyaan yang ada dalam angket. Hasil dari penelitian dan pengembangan adalah sebagai berikut: (a) Minat belajar sebelum menggunakan multimedia interaktif berbasis articulate storyline 3 pada materi bagian-bagian tumbuhan masih tergolong rendah dan setelah menggunakan media interaktif minat belajar peserta didik mengalami peningkatan.; (b) Desain pengembangan produk berupa aplikasi android yang didalamnya berisi game puzzle dan penjelasan materi bagian-bagian tumbuhan sebagai multimedia interaktif. (c) Padangan ahli media dan ahli materi terhadap produk yang dikembangkan, telah diujikan melalui angket validasi media dengan rata-rata penilaian sebesar 87,6% dan 88,8% dengan kategori sangat layak,, angket validasi ahli materi dengan rata-rata penilaian sebesar 84,9% dan 88,3% dengan kategori sangat layak. (d). Hasil uji efektivitas penggunaan multimedia interaktif sebagai berikut, uji coba kelompok kecil di MI Nurul Iman dengan rata-rata penilaian sebesar 92,2% dengan kategori sangat menarik. Uji coba kelompok besar di SDN 04 Dayamurni dan UPT SDN 25 Tulang Bawang Tengah dengan rata-rata penilaian sebesar 90% dan dengan kategori sangat menarik. Berdasarkan dari hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif berbasis articulae storyline 3 layak dan efektif digunakan sebagai alternative media pembelajaran yang mamapu menumbuhkan minat belajar peserta didik. Hal ini didasari bahwa desain multimedia interaktif berbasis articulate storyline 3 dapat memusatkan perhatian siswa dan memberi daya tarik tersendiri dalam mengikuti pembelajaran dengan baik dan senang. Kata Kunci: Multimedia Interaktif, Articulate Storyline 3, Minat Belajar IPA. iii ABSTRACT The research was conducted with the aim of developing interactive learning multimedia based on Articulate Storyline 3 to increase interest in learning science in the material of plant parts for grade IV in SD/MI. With regard to the learning process so far, teachers have never used interactive multimedia, and still often use simple media in the form of textbooks in delivering material so that many students are easily bored and sleepy during learning. With the existence of creative and innovative learning media in the form of interactive multimedia, it will encourage interest in learning and attract the attention of students in learning science. The research method uses a development research design (R&D refers to the model that has been developed by Borg and Gall. The steps are (1) potential and problems, (2) data collection, (3) product design, (4) design validation, (5 ) Design revisions (6) Product trials, (7) Product revisions, (8) Usage trials, (9) Product revisions, (10) Mass products.This model trial was conducted in three schools namely SDN 04 Dayapure, UPT SDN 25 Tulang Bawang Tengah, MI Nurul Iman Tulang Bawang Barat.The data collection techniques used in this study were interviews, questionnaires, documentation.While the data analysis used a qualitative data questionnaire which was quantified using a Likert Scale with five-level criteria and then analyzed by calculating the average percentage. the average item score on each question in the questionnaire. The results of research and development are as follows: (a) Interest in learning before using interactive multimedia based on articulate storyline 3 on plant parts material is still relatively low and after using interactive media students' interest in learning has increased; (b) Product development design in the form of an android application which contains puzzle games and material explanations of plant parts as interactive multimedia. (c) The views of media experts and material experts on the developed product have been tested through a media validation questionnaire with an average rating of 87.6% and 88.8% with a very decent category, material expert validation questionnaire with an average rating by 84.9% and 88.3% with very decent category. (d). The results of the effectiveness test of using interactive multimedia are as follows, a small group trial at MI Nurul Iman with an average rating of 92.2% with a very interesting category. Large group trials at SDN 04 Dayapure and UPT SDN 25 Tulang Bawang Tengah with an average rating of 90% and the category is very interesting. Based on the results of the study, it can be concluded that interactive multimedia learning based on articulae storyline 3 is feasible and effective to be used as an alternative learning media that is able to foster student interest in learning. This is based on the fact that interactive multimedia design based on articulate storyline 3 can focus students' attention and provide its own attraction in participating in learning well and happily. Keywords: Interactive Multimedia, Articulate Storyline 3, Interest in Learning Science.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Apr 2022 02:17
Last Modified: 12 Apr 2022 02:17
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18742

Actions (login required)

View Item View Item