MEDIA SOSIAL DAN PERUBAHAN POLA INTERAKSI SOSIAL GENERASI MILLENIAL PEDESAAN (Studi di Desa Dwi Warga Tunggal Jaya Kecamatan Banjar Agung Kabupaten Tulang Bawang)

ILAM, TANJUNG SAPUTRA (2022) MEDIA SOSIAL DAN PERUBAHAN POLA INTERAKSI SOSIAL GENERASI MILLENIAL PEDESAAN (Studi di Desa Dwi Warga Tunggal Jaya Kecamatan Banjar Agung Kabupaten Tulang Bawang). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI ILHAM.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Media sosial merupakan media yang berupa situs dan aplikasi yang melibatkan teknologi berbasis internet. Media berbasis teknologi internet ini mendorong dan memungkinkan penggunannya saling terhubung dengan siapa saja. Generasi millennial pedesaan saat ini sudah terkena dampak dari media sosial. Media sosial yang digandrungi oleh generasi milenial diantaranya Whatsapp, Facebook, Instagram, dan Youtube. Kesemuanya platform tersebut memiliki keunggulannya masing-masing sehingga memicu kenyamanan para penggunanya sehingga lebih cenderung melakukan interaksi melalui media sosial. Rumusan masalah yang dalam penelitian ini yaitu bagaimana penggunaan media sosial dan pengaruh media sosial terhadap perubahan interaksi sosial pada generasi millennial di desa Dwi Warga Tunggal Jaya Kecamatan Banjar Agung Kabupaten Tulang Bawang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif, artinya menjelaskan kondisi masyarakat berdasarkan data yang bersifat apa adanya dilapangan. Teknik pengumpulan data yaitu observasi partisipan, wawancara langsung dan didukung dengan dokumentasi. Penentuan informan penelitian menggunakan teknik snowball sampling, dimana yang menjadi informan kunci adalah ketua Karang Taruna Desa Dwi Warga Tunggal Jaya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media sosial yang sering digunakan oleh generasi millennial di desa Dwi Warga Tunggal Jaya Kecamatan Banjar Agung Kabupaten Tulang Bawang diantaranya adalah Whatsapp, Facebook, Instagram, dan Youtube. Penggunaan media sosial pada generasi millennial di desa Dwi Warga Tunggal Jaya ini diantaranya yaitu menggunakan aplikasi whatsapp, facebook, youtube, dan Instagram. Keempatnya memiliki keunggulan masing-masing. Whatsapp digunakan sebagai media utama yang digunkan oleh generasi milenial untuk berkomunikasi melalui pesan singkat, panggilan telfon ataupun dengan panggilan video (video call). Facebook lebih banyak digunakan sebagai media jual beli online oleh generasi millennial. Instagram sebagai aplikasi yang memiliki banyak fitur berupa filter merupakan wahana generasi millennial untuk memposting kegiatan sehari-hari dengan memanfaatkan fitur-fitur tersebut. Youtube digunakan sebagai sumber informasi mengenai segala sesuatu yang sedang dibutuhkan atau mencari video tutorial oleh generasi millennial di Desa Dwi Warga Tunggal Jaya Adapun perubahan interaksi sosial yang terjadi akibat media sosial tersebut yaitu kurangnya interaksi sosial tatap muka langsung, terganggunya iii kualitas interaksi langsung, membentuk karakter individualis dan kurang peka terhadap lingkungan sekitar. Kata Kunci: Media Sosial, Generasi Millenial, Perubahan Interaksi Sosial

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Sosiologi Agama
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Apr 2022 07:50
Last Modified: 11 Apr 2022 07:50
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18740

Actions (login required)

View Item View Item