PENERAPAN CARA MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN BAIK DAN BENAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE TILAWATI PADA SISWA SMP NEGERI 1 KOTA AGUNG

DIZKA, YOGA PRATAMA (2022) PENERAPAN CARA MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN BAIK DAN BENAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE TILAWATI PADA SISWA SMP NEGERI 1 KOTA AGUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (8MB)
[thumbnail of SKRIPSI YOGA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan penelitian yang dilakukan di SMP Negeri 1 Kotaagung, dapat disimpulkan sebagai berikut: Pendekatan dalam pembelajaran membaca Al-Qur‟an dengan baik dan benar dengan menggunakan metode tilawati di SMP Negeri 1 Kotaagung Tanggamus dilakukan dengan menggunakan 2 teknik, yaitu teknik klasikal dan individual. Pendekatan dalam pembelajaran Al�Qur‟an menggunakan metode tilawati dilakukan melalui 4 teknik, yaitu: a. Teknik klasikal 1 (guru membaca murid mendengarkan) b. Teknik klasikal 2 (guru membaca murid menirukan) c. Teknik klasikal 3 (guru dan murid membaca bersama-sama) d. Teknik baca simak (yang satu membaca yang lain menyimak) Membaca peraga dan membaca jilid melakukan tehnik klasikal. Sebelum membaca jilid, melakukan peraga lebih didahulukan sebanyak empat halaman dan tehnik yang digunakan tehnik klasikal satu serta dua. Baru setelah itu membaca jilid, setelah itu pendekatan individual digunakan, tehnik klasikal digunkan terlebih dahulu setidaknya satu halaman dan menggunakan teknik klasikal 1, 2 dan 3. Akan tetapi jika terdapat peserta didik bosan dengan peraga maka 81 pembacaan klasikal peraga maksimal empat halaman menggunakan tehnik klasikal satu dan dua diganti dengan pembacaan klasikal perjilid maksimal empat- sepuluh halaman langsung menggunakan tehnik klasikal ke tiga. Tehnik ke 4 di gunakan untuk pendekatan individual dengan cara baca simak dan menerapkannya saat membaca perjilid saja. B. Saran 1. Bagi kepala SMP Negeri 1 Kotaagung, untuk mengembangkan dan meningkatkan program pembelajaran membaca Al-Qur‟an menggunakan metode tilawati sehingga mampu mencetak generasi islam yang Qur‟ani. 2. Untuk pendidik ( guru ), melakukan kerjasama untuk menerapkan metode tilawati pada pembelajaran membaca Al-Qur‟an sehingga peserta didik (siswa) bisa melantunkan ayat al-qur‟an dengan baik dan benar. 3. Untuk peserta didik, tidak hanya belajar di SMP Negeri 1 Kotaagung saja, melainkan bisa belajar di rumah, di TPA, atau di langgar-langgar tempat belajar Al Qur‟an dan menggunakan Metode Tilawati tersebut agar melekat pada santri (siswa) . 4. Bagi peneliti yang akan datang, hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan referensi untuk penelitian berikutnya yang berhubungan dengan penerapan pembelajaran Al-Qur‟an menggunakan metode tilawati.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Apr 2022 06:03
Last Modified: 11 Apr 2022 06:03
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18733

Actions (login required)

View Item View Item