PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV MI/SD

RAHMA, NURHALIZA (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV MI/SD. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan masalah yaitu, pembelajaran dalam bentuk soft yang digunakan selama ini masih sangat kurang interaktif, Diperlukan adanya pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif dalam pembelajaran tematik, dan pendidik berharap adanya pengembangan produk multimedia interaktif serta dilakukan penelitian untuk melihat manfaat ataupun tingkat keberhasilannya. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengembangkan desain media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada pembelajaran tematik kelas IV SD/MI. Untuk mengetahui kelayakan penggunaan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada pembelajaran tematik kelas IV SD/MI. Untuk mengetahui respon peserta didik penggunaan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada pembelajaran tematik kelas IV SD/MI. Penelitian yang dilakukan oleh penulis ialah penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE dengan beberapa tahapan yaitu tahap analisis (analysis), tahap perancangan (design), tahap development (pengembangan), tahap penerapan (implimentatiton), dan tahap evaluasi (evaluation). Validasi kelayakan dilakukan dengan dua ahli media, dua ahli materi dan ahli bahasa. Uji lapangan terdiri dari uji coba skala besar dan uji coba skala kecil. Hasil dari penelitian dan pengembangan yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada pembelajaran tematik kelas IV MI/SD memperoleh nilai rata-rata ahli media 92,5% dikategorikan sangat layak, rata-rata penilaian dari ahli materi 88% dikategorikan sangat layak, rata-rata penilaian dari ahli bahasa 88% dikategorikan sangat layak, sedangkan penilaian yang diberikan peserta didik tahap uji skala besar 87% dan uji coba skala kecil 89% yang dikategorikan sangat layak hal ini menunjukan media modul pembelajaran tematik tema ekosistem untuk meningkatkan penguasaan konsep layal digunakan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Multimedia Intraktif, Tematik. iii ABSTRACT The background of this research is based on the problem, namely, learning soft that has been used so far still very less interactive, It is necessary to develop interactive multimedia-based learning media in thematic learning, and educators hope for the development of interactive multimedia products and research to see the benefits or level of success. This research was conducted with the aim of developing interactive multimedia-based learning media design in thematic learning for class IV SD/MI. To determine the feasibility of using interactive multimedia-based learning media in thematic learning for class IV SD/MI. To find out the response of students to the use of interactive multimedia-based learning media in thematic learning for class IV SD/MI. The research conducted by the author is development research using the ADDIE model with several stages, namely the analysisstage, the designstage, the development stage, the implementation stage,and the evaluationstage. Feasibility validation was carried out with two media experts, two material experts and a linguist. Field trials consist of large-scale trials and small-scale trials. The results of the research and development carried out, it can be concluded that interactive multimedia-based learning media in thematic learning of class IV MI/SD obtained an average score of 92.5% of media experts categorized as very feasible, the average assessment of material experts was 88% categorized as very feasible, the average assessment of linguists 88% is categorized as very feasible, while the assessment given by students in the large-scale test stage is 87% and the small-scale trial is 89% which is categorized as very feasible, this shows the thematic learning module media on ecosystem themes to improve mastery the concept of feasible is used in the learning process. Keywords: Learning Media, Intractive Multimedia, Thematic.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Apr 2022 05:54
Last Modified: 11 Apr 2022 05:54
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18732

Actions (login required)

View Item View Item