PENGARUH PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN APLIKASI WHATSAPP TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA MIN 5 BANDAR LAMPUNG

NOVITA, DWI PUTRI (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN APLIKASI WHATSAPP TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA MIN 5 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi NOVITA DWI PUTRI .pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penerapan pembelajaran secara daring ditengah pandemi Covid-19 ini diharapkan agar proses pembelajaran masih tetap berjalan lancar walaupun hanya dilaksanakan secara daring agar pembelajaran masih dapat berjalan secara lancar dan efektif. Namun terdapat beberapa masalah atau kendala yang dihadapi peserta didik pada pelaksanaan pembelajara jarak jauh ini, seperti biaya, motivasi belajar, layanan, umpan balik, dan lain-lain. Dalam penelitian ini pelaksanaan pembelajaran daring dilaksanakan menggunakan aplikasi whatsapp. Selain mengirimkan pesan whatsapp tersebut saling berkaitan sehingga akan menghasilkan aktivitas belajar yang optimal. Aktivitas belajar adalah aktivitas yang bersifat fisik maupun mental, dimana dalam kegiatan belajar kedua aktivitas tersebut saling berkaitan sehingga akan mengahasilkan aktivitas belajar yang optimal. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif berdasarkan metode survei dengan penelitian explanatory research. Penelitian explanatory merupakan penelitian yang menjelaskan pengaruh antara variabel X dan Y. penelitian explanatory merupakan penelitian yang menjelaskan tentang hubungan kausal (sebab-akibat) antara variable�variabel yang mempengaruhi hipotesis, Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV, V dan VI MIN 5 Bandar Lampung. Sampel penelitian yaitu kelas IV B, V C, dan VI D sebagai kelas sampel dengan model pembelajaran daring menggunakan Menggunakan aplikasi whatsapp. Teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik dan uji hipotesis dengan regresi sederhana. Hasil dari regresi membuktikan bahwa variabel pembelajaran daring menggunakan Aplikasi whatsapp memiliki nilai thitung sebesar 2,247 dengan signifikasi 0,002. Hal ini berarti bahwa thitung (2,247) > ttabel (1,985) maka ho ditolak sehingga variabel pembelajaran daring menggunakan aplikasi whatsapp secara statistic denga alfha 5% memiliki pengaruh signifikan terhadap aktivitas belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan nilai (sig 0,002 < 0,05). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti variabel pembelajaran daring Menggunakan Aplikasi whatsapp dalam penelitian ini berpengaruh signifikan terhadap aktivitas belajar siswa di MIN 5 Bandar Lampung. Kata Kunci : Pembelajaran Daring, Whatsapp, Aktivitas Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Apr 2022 05:45
Last Modified: 11 Apr 2022 05:45
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18731

Actions (login required)

View Item View Item