PENGEMBANGAN E-MAGAZINE BERBASIS WEBSITE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPA BIOLOGI UNTUK MEMBERDAYAKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS

Ma'rifah, Ulum (2017) PENGEMBANGAN E-MAGAZINE BERBASIS WEBSITE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN IPA BIOLOGI UNTUK MEMBERDAYAKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_FIX_ULUM.pdf]
Preview
PDF
Download (6MB) | Preview

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D). Rumusan masalah pada penelitian ini adalah : (1) bagaimanakah karakteristik e-magazine berbasis website sebagai media pembelajaran IPA Biologi untuk memeberdayakan kemampuan berpikir kritis (2) bagaimanakah kelayakan pengembangan e-magazine berbasis website sebagai media pembelajaran IPA Biologi untuk memeberdayakan kemampuan berpikir kritis. Sasaran dari penelitian dan pengembangan adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Bandar Lampung. Prosedur penelitian mengadaptasi model pengembangan yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Penelitian menggunakan tujuh tahapan sebagai berikut : (1) studi pendahuluan,(2) perencanaan penelitian,(3) pengembangan produk,(4) validasi desain dan uji coba skala terbatas,(5) revisi validasi desain uji coba skala terbatas,(6) uji produk secara luas,(7) revisi uji produk secara luas. Alat pengumpulan data yang digunakan berupa : (1) angket ahli materi,(2) angket ahli media,(3) angket ahli bahasa,(4) angket tanggapan Guru IPA Biologi,(5) angket respon peserta didik,(6) wawancara,(7) dokumentasi. Analisis kelayakan dari produk yang dikembangkan menggunakan kriteria kelayakan media yang diadaptasi dari Suharsimi Arikunto yaitu batas minum presentase kelayakan media pembelajaran yaitu 61%. Hasil penelitian telah dikembangkan e-magazine berbasis website sebagai media pembelajaran IPA Biologi untuk memeberdayakan kemampuan berpikir kritis, memiliki karakteristik (1) media e-magazine berbasis website mudah digunakan (2)media e-magazine berbasis website melatih kemandirian belajar peserta didik,(3) media e-magazine berbasis website sesuai dengan perkembangan teknologi,(4) media e-magazine berbasis website menggunakan indikator berpikir kritis, dan hasil penelitian yang telah dikembangkan e-magazine berbasis website adalah sangat layak dengan persentase 90% oleh ahli media, 80% oleh ahli materi, 91% oleh ahli bahasa, kemudian kelayakan yang diperoleh 96 % oleh guru dan 89% oleh peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 03 Nov 2017 06:45
Last Modified: 03 Nov 2017 06:45
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1873

Actions (login required)

View Item View Item