PENGEMBANGAN WEBSITE MENGENAI PEMBELAJARANBIOLOGI BERBASIS PENDIDIKAN SEKS TERHADAP SELF REGULATION PERSERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP N 36 BANDAR LAMPUNG

Tiara, Anvadilla (2022) PENGEMBANGAN WEBSITE MENGENAI PEMBELAJARANBIOLOGI BERBASIS PENDIDIKAN SEKS TERHADAP SELF REGULATION PERSERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP N 36 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER, BAB 1, BAB 2 , DAPUS Tiara Anvadilla.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI Tiara Anvadilla.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Website menjadi sarana promosi dan sumber bahan ajar yang dapat digunakan oleh berbagai kalangan. Seiring berjalannya kemajuan teknologi dan informasi tidak dipungkiri dapat mengubah perilaku sosial dikalangan generasi muda. Berbicara tentang seks tidak lepas dari pembicaraan mengenai manusia itu sendiri, seks pada dasarnya merupakan kebutuhan alami makhluk hidup guna untuk melangsungkan hidup dan melestarikan generasinya. Pendidikan seks adalah kegiatan untuk mengajarkan mengenai kesehatan reproduksi. Kesehatan reproduksi sendiri memiliki arti yakni suatu kondisi sehat dari sistem, fungsi, dan proses alat reproduksi yang dimiliki oleh seseorang. Perilaku kenakalan seksual remaja jika tidak di tangani dengan benar, menyebabkan terjadinya hal yang tidak diinginkan. Perilaku kenakalan seksual pada remaja menunjukkan bahwa tingkat self regulation remaja yang tidak melakukan kenakalan seksual lebih tinggi dibandingkan dengan remaja yang tidak melakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain media pembelajaran biologi berbasis web pada materi pendidikan seks, untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran, untuk mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran, untuk mengetahui pengaruh self regulation terhadap media pembelajaran. Prosedur dalam penelitian ini dengan menggunakan model yang dikembangkan oleh Stephen M. Alessi dan Trollip yang mempunyai tiga tahapan yaitu: tahap perencanaan, tahap desain dan tahap pengembangan. Hasil penelitian memperoleh uji kelayakan yang terhadap validator media yakni kelayakan 97 dengan katagori sangat layak, dari validator Bahasa mendapatkan kelayakan 93,75 dengan kategori sangat layak, dan validator materi mendapatkan kelayakan 92,45 dengan kategori sangat layak. Respon perserta didik terhadap media website mendapat hasil 88 dengan kriteria sangat positif, sedangkan respon perserta didik terhadap pendidikan seks mendapat hasil 97 dengan kriteria sangat positif. Self Regulation (regulasi diri) memberikan pengaruh sebesar 78,4% terhadap hasil website pembelajaran biologi berbasis pendidikan seks terhadap peserta didik. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Pendidikan Seks, Self Regulation, Website. iv ABSTRACT Websitebecome a means of promotion and a source of teaching materials that can be used by various groups. As technology and information advances, it is undeniable that it can change social behavior among the younger generation. Talking about sex cannot be separated from talking about humans themselves, sex is basically a natural need of living things in order to survive and preserve their generations. Sex education is an activity to teach about reproductive health. Reproductive health itself has the meaning of a healthy condition of the system, function, and process of a person's reproductive organs. Juvenile sexual delinquency behavior, if not handled properly, can cause unwanted things to happen. Sexual delinquency behavior in adolescents shows that the level of self-regulation of adolescents who do not commit sexual delinquency is higher than that of adolescents who do not. This study aims to develop a web-based biology learning media design for sex education materials, to determine the feasibility of learning media, to determine student responses to learning media, to determine the effect of self-regulation on learning media. The procedure in this study uses a model developed by Stephen M. Alessi and Trollip which has three stages: the planning stage, the design stage and the development stage. The results of the study obtained a feasibility test against the media validator, namely the feasibility of 97 with a very decent category, from the language validator it got a feasibility of 93.75 with a very decent category, and the material validator got a feasibility of 92.45 with a very decent category. Student responses to website media got 88 results with very positive criteria, while student responses to sex education got 97 results with very positive criteria. Self-regulation (self-regulation) has an influence of 78.4% on the results of sex education-based biology learning websites for students. Keywords: Learning Media, Sex Education, Self Regulation, Website.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Apr 2022 05:29
Last Modified: 11 Apr 2022 05:29
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18729

Actions (login required)

View Item View Item