KHAIRUN, NISA (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING DENGAN TEKNIK MIND MAPPING TERHADAP HABITS OF MIND DAN EMOTIONAL QUOTIENT PESERTA DIDIK KELAS X PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (3MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian dilatar belakangi Habits of Mind dan Emotional Quotient peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Natar tergolong rendah dikarenakan peserta didik pasif dalam pembelajaran, pendidik mendominasi pembelajaran, dan kurang berinovasi memilih model pembelajaran akibatnya pesrta didik merasa bosan mengikuti pembelajaran.Rendahnya HOM dan EQ menghambat peserta didik mengeksplor pengetahuannya, menyampaikan ide gagasan, menyelesaikan permasalahan berdampak pada pencapaian hasil belajar biologi. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving dengan teknik Mind Mapping terhadap Habits of Mind dan Emotional Quotient peserta didik. Menggunakan metode Weak Experiment dengan The One Group Pretest-Postest Design. Melibatkan tiga kelas eksperimen menggunakan model Creative Problem Solving teknik Mind Mapping. Instrumen berupa tes essay dan angket HOM ,serta angket EQ. Uji hipotesis menggunakan uji parametrik One Sample T-Test bertaraf signifikan 0,05. Hasil penelitian menunjukkan 0,000<0,05. Artinya, terdapat pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving dengan teknik Mind Mapping terhadap Habits of Mind dan Emotional Quotient peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Natar. Kata Kunci : Creative Problem Solving, Emotional Quotient, Habits of Mind , Mind Mapping
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 11 Apr 2022 05:22 |
Last Modified: | 11 Apr 2022 05:22 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18728 |
Actions (login required)
View Item |