PENGUKURAN EFISIENSI ASURANSI SYARIAH DI INDONESIA DENGAN DATA ENVELOPMENT ANALYSIS (DEA) PERIODE 2018-2020 (Studi Pada Tiga Perusahaan Asuransi Jiwa Unit Syariah yang Terdaftar di OJK)

AGUS, DIAN MAULANA (2022) PENGUKURAN EFISIENSI ASURANSI SYARIAH DI INDONESIA DENGAN DATA ENVELOPMENT ANALYSIS (DEA) PERIODE 2018-2020 (Studi Pada Tiga Perusahaan Asuransi Jiwa Unit Syariah yang Terdaftar di OJK). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI AGUS DIANN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Seiring dengan berkembangnya Perusahaan Asuransi Syariah diperlukan adanya perencanaan yang matang serta ketepatan pengelolaan dana peserta. Hal ini dilakukan agar semakin banyaknya masyarakat yang ikut serta dalam berasuransi. Semakin efisien perusahaan dalam mengelola dana yang diperoleh peserta maka semakin besar tingkat kepercayaan peserta pada perusahaan. Dapat ditinjau berdasarkan hasil laporan neraca publikasi PT Sinarmas MSIG Life pernah mengalami kerugian pada tahun 2015 sebesar Rp. 2 triliun, yang merupakan jumlah kerugian terbesar sepanjang sejarah asuransi Indonesia. Perusahaan ini juga pernah mengalami kerugian sebesar Rp. 365,8 miliar lebih, yang terjadi pada tahun 2013. Penjelasan tersebut menggambarkan terjadinya ketidakefisienan dalam sistem pengelolaan sumber daya. Hal ini yang dikhawatirkan terjadi pada PT AIA Financial Syariah dan PT Panin Dai Ichi Life Syariah. Oleh sebab itu, diperlukan adanya pengukuran tingkat efisiensi ketiga perusahaan tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Bagaimana tingkat Efisiensi pada Perusahaan Asuransi Syariah di Indonesia, Apa saja faktor yang mempengaruhi tingkat efisiensi Perusahaan Asuransi Syariah di Indonesia dan Bagaimana Implementasi Fatwa DSN No.53/DSN-MUI/III/2006 tentang penyelenggaraan asuransi syariah di Indonesia. Penelitian ini menggunakan analisis deskritif dengan menggunakan metode Data Envelopment Analysis (DEA). Jenis penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (Libraray Research). Populasi penelitian ini adalah perusahaan asuransi jiwa unit syariah yang terdaftar di OJK dalam periode tahun 2018-2020. Dalam penelitian ini pengambilan sampel dilakukan dengan cara non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Berdasarkan kriteria pengambilan sampel penelitian tersebut diperoleh tiga perusahaan yaitu PT AIA Financial Syariah, PT Sinarmas MSIG Life Syariah dan PT Panin Dai Ichi Life Syariah. Teknik Efisiensi dalam penelitian ini menggunakan bantuan aplikasi Software Max DEA. Berdasarkan penelitian dengan software Max DEA asumsi CRS efisiensi rata-rata perusahaan asuransi syariah di Indonesia adalah sebesar 60,35%. Sedangkan berdasarkan asumsi VRS efisiensi rata-rata perusahaan asuransi syariah di Indonesia adalah 82,55%. Dari perhitungan tersebut dapat disimpulkan jika tingkat efisiensi rata�rata perusahaan asuransi jiwa unit syariah belum mencapai angka efisiensi maksimal. Faktor yang mempengaruhi efisiensi asuransi syariah di Indonesia adalah Kontribusi peserta, klaim, dan ha Investasi. Implementasi Fatwa DSN No.53/DSN-MUI/III/2006 tentang penyelenggaraan asuransi syariah di Indonesia adalah sudah sesuai dengan Fatwa Nomor: 39 DSN-MUI/X/2002. Amanah dari Fatwa ini adalah penerapannya harus berdasarkan prinsip syariah dan bersifat ta’awuni (tolong menolong) antara sesama. Kata Kunci : Efisiensi, Data Envelopment Analisys, Asuransi Syariah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Apr 2022 04:31
Last Modified: 11 Apr 2022 04:31
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18720

Actions (login required)

View Item View Item