PENGARUH KOMPETENSI PEMERINTAH DESA DAN AKSESIBILITAS LAPORAN KEUANGAN TERHADAP AKUNTABILITAS PENGELOLAAN ALOKASI DANA DESA DALAM PERSPEKTIF ISLAM (STUDI DI KECAMATAN SUKOHARJO KABUPATEN PRINGSEWU)

WURI, ANDRIANI (2022) PENGARUH KOMPETENSI PEMERINTAH DESA DAN AKSESIBILITAS LAPORAN KEUANGAN TERHADAP AKUNTABILITAS PENGELOLAAN ALOKASI DANA DESA DALAM PERSPEKTIF ISLAM (STUDI DI KECAMATAN SUKOHARJO KABUPATEN PRINGSEWU). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI WURI ANDRIANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH KOMPETENSI PEMERINTAH DESA DAN AKSESIBILITAS LAPORAN KEUANGAN TERHADAP AKUNTABILITAS PENGELOLAAN ALOKASI DANA DESA DALAM PERSPEKTIF ISLAM (STUDI DI KECAMATAN SUKOHARJO KABUPATEN PRINGSEWU) Oleh Wuri Andriani Permasalahan dalam aspek akuntabilitas pengelolaan alokasi dana desa di wilayah kecamatan Sukoharjo kabupaten Pringsewu yaitu adanya keterlambatan pada saat pencairan alokasi dana desa karena terkendala pengurusan pelaporan seperti terkendala adanya penandatanganan yang di perlukan pada laporan tersebut, adanya social control yang merupakan polemik bagi aparatur pemerintah desa dalam pelaksanaannya program di lapangan. Selanjutnya, permasalahan dalam aspek kompetensi pemerintah desa yaitu pengelolaan alokasi dana desa lebih untuk pembangunan fisik namun kesejahteraan masyarakat di desa tersebut masih belum mencukupi. Serta, permasalahan dalam aspek aksesibilitas laporan keuangan yaitu di beberapa desa belum menyediakan website untuk bisa di akses oleh masyarakat, belum tersedianya akses informasi terkait alokasi desa padahal di desa tersebut sudah memiliki website desa namun informasi yang tersedia hanya profil desa, visi dan misi desa sedangkan informasi mengenai alokasi dana desa masih belum tersedia. Untuk perumusan masalah yang di tetapkan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh kompetensi pemerintah desa, aksesibilitas laporan keuangan terhadap akuntabilitas pengelolaan alokasi dana desa, apakah akuntabilitas pengelolaan alokasi dana desa sesuai dengan perspektif islam. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengetahui pengaruh kompetensi pemerintah desa, aksesibilitas laporan keuangan terhadap akuntabilitas pengelolaan alokasi dana desa dan untuk mengetahui akuntabilitas pengelolaan alokasi dana desa sesuai dengan perspektif islam. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif serta teknik pengumpulan data dengan kuesioner, wawancara dan observasi. bertanggungjawab dengan memiliki integritas dan kejujuran. Hasil penelitian yang di peroleh dalam yaitu variabel kompetensi pemerintah desa, variabel aksesibilitas laporan keuangan secara parsial terdapat pengaruh terhadap akuntabilitas pengelolaan alokasi dana desa, dan akuntabilitas pengelolaan alokasi dana desa di wilayah kecamatan Sukoharjo kabupaten Pringsewu sesuai dengan perspektif islam. Kata Kunci: Kompetensi, Aksesibilitas, Akuntabilitas, Perspektif Islam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Apr 2022 04:20
Last Modified: 11 Apr 2022 04:20
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18716

Actions (login required)

View Item View Item