PENGARUH TINGKAT SUKU BUNGA (BI RATE), BAGI HASIL, INFLASI DAN FINANCING TO DEPOSIT RATIO (FDR) TERHADAP JUMLAH DEPOSITO MUDHARABAH BANK BRI SYARIAH PADA PERIODE 2013-2017

RAHMAT, EFFRIANDI (2022) PENGARUH TINGKAT SUKU BUNGA (BI RATE), BAGI HASIL, INFLASI DAN FINANCING TO DEPOSIT RATIO (FDR) TERHADAP JUMLAH DEPOSITO MUDHARABAH BANK BRI SYARIAH PADA PERIODE 2013-2017. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI RAHMAT.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Bank syariah dalam perkembangannya saat ini dituntut untuk meningkatkan kualitasnya dalam segala aspek oleh sebab itu bank syariah membutuhkan modal yang cukup sehingga dapat menjalankan kegiatan operasionalnya dengan baik. Dalam segi penghimpunan dana dari masyarakat Bank Rakyat Indonesia Syariah memiliki produk yaitu Deposito Mudharabah. Akan tetapi, dalam proses penghimpunan dana tersebut tidak selalu berjalan sesuai keinginan dikarenakan terdapat masalah ekonomi yang terjadi baik berskala mikro maupun makro yang mempengaruhi penghimpunan Deposito Mudharabah yaitu Tingkat Suku Bunga, Bagi Hasil, Inflasi dan Financing To Deposit Ratio. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Tingkat Suku Bunga, Bagi Hasil, Inflasi dan Financing To Deposit Ratio terhadap Deposito Mudharabah Bank BRI Syariah. Penelitian dalam skripsi ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan sumber data yang digunakan adalah data sekunder laporan keuangan triwulan Bank BRI Syariah pada tahun 2013 sampai dengan 2017. Metode analisis yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode analisis dekskriptif, uji asumsi klasik, dan uji persamaan rekresi linier berganda dengan menggunakan aplikasi eviews 8. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hasil uji signifikasi secara simultan (uji F) menyatakan nilai Fhitung sebesar 45.00233 dengan nilai signifikanya sebesar 0.000000, hal ini menunjukkan bahwa nilai koefisien kurang dari α = 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa semua variabel bebas (independen) secara bersama-sama mempengaruhi variabel terikat (dependen) yaitu Deposito Mudharabah Bank BRI Syariah meskipun secara parsial variable tingkat suku bunga, inflasi dan FDR berpengaruh negative terhadap Deposito Mudharabah Bank BRI Syariah dan Variabel bagi hasil tidak berpengaruh diperoleh thitung sebesar 3.006551 dengan nilai p value 0.0089, dikarenakan nilai p value 0.0089 < 0,05 dan nilai coefficient sebesar -1.153718. Hal ini menunjukkan bahwa pengaruh tingkat suku bunga (BI Rate), bagi hasil, inflasi dan Financing to Deposit Ratio (FDR) tarhadap Deposito Mudharabah Bank BRI Syariah adalah sebesar 90,25% sedangkan sisanya (100%-90,25%) adalah sebesar 09,75% dijelaskan oleh variable lain yang tidak dimasukkan dalam model. Kata Kunci: Tingkat Suku Bunga, Bagi Hasil, Inflasi, Financing To Deposit Ratio dan BRI Syariah Deposito.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Apr 2022 03:59
Last Modified: 11 Apr 2022 03:59
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18708

Actions (login required)

View Item View Item