PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE PADA PESERTA DIDIK KELAS VII MTS AL-KHOIRIYAH KALIAWI BANDAR LAMPUNG

Imanullah, I (2017) PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE PADA PESERTA DIDIK KELAS VII MTS AL-KHOIRIYAH KALIAWI BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.

[img]
Preview
PDF
Download (9MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini, hasil belajar peserta didik relatif rendah. Hal itu berhubungan dengan strategi pembelajaran yang digunakan guru masih bersifat konvensional, yang menyebabkan peserta didik kurang aktif dalam mencari pengetahuaannya sendiri, mereka juga cenderung berbicara dengan teman pada saat pendidik menjelaskan materi sehingga peserta didik tidak dapat memahami materi yang disampaikan oleh pendidik. Berdasarkan permasalahan diatas maka dapat dirumuskan “Apakah Penerapan Model Pembelajaran Scramble Dapat Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Peserta Didik Kelas VII MTs Al-Khairiyah Kaliawi Bandar Lampung”? Model pembelajaran Scramble merupakan model pembelajaran yang mengajak siswa untuk menemukan jawaban dan menyelesaikan permasalahan yang ada dengan cara membagikan lembar soal dan jawaban yang disertai dengan alternative jawaban yang tersedia. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan Model pembelajaran Scramble untuk meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab peserta didik kelas VII MTs Al-Khairiyah Kaliawi Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan 2 siklus. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII di MTs Al-Khairiyah Kaliawi Bandar Lampung tahun ajaran 2014-2015 dengan jumlah 21 peserta didik. Prosedur penelitian terdiri 4 tahap dari setiap siklusnya, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Proses pembelajaran bahasa Arab dilaksanakan dengan menerapkan Model pembelajaran Scramble. Indicator keberhasilan pada penelitian ini ialah berupa tercapainya presentase mencapai 81% pada siklus terakhir. Adapun pengumpulan datanya dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Scramble dapat meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Arab materi tentang التعارف dan مدرستى peserta didik kelas VII MTs Al-Khairiyah Kaliawi Bandar Lampung. Hal ini dapat dilihat bahwa selama kegiatan pembelajaran berlangsung, peserta didik tampak sangat antusias dan aktif. Mereka dapat mengerjakan tugas yang diberikan pendidik dengan baik. Sehingga tugas pendidik hanya sebagai fasilitator saja selebihnya peserta didik belajar dan bekerja sendiri dengan teman kelompoknya. Hasil penguasaan kosakata peserta didik sebelum diadakan tindakan, nilai rata-rata peserta didik hanya mencapai 33% dengan ketuntasan individu yang sudah ditetapkan. Setelah diterapkan model pembelajaran Scramble ini penguasaan kosakata bahasa Arab peserta didik terus mengalami peningkatan dari siklus I mencapai 47% dan pada siklus II mencapai peningkatan 81% peserta didik kelas VII MTs Al-Khairiyah Kaliawi Bandar Lampung dikatakan tuntas dalam belajar dengan memperoleh hasil yang maksimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 02 Mar 2017 03:52
Last Modified: 02 Mar 2017 03:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/187

Actions (login required)

View Item View Item