PEMBERDAYAAN KOMUNITAS PETANI DALAM PENGEMBANGAN EKONOMI MASYARAKAT DI DESA KOTA JAWA KECAMATAN WAY KHILAUKA BUPATEN PESAWARAN

NURUL, ALFIAH (2022) PEMBERDAYAAN KOMUNITAS PETANI DALAM PENGEMBANGAN EKONOMI MASYARAKAT DI DESA KOTA JAWA KECAMATAN WAY KHILAUKA BUPATEN PESAWARAN. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi bab 1-2.pdf] PDF
Download (970kB)
[thumbnail of Skripsi full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Faktor yang menyebabkan kurangnya pendapatan atau kurang berkembangnya usaha yang dimiliki masyarakat berpengaruh karena kurangnya kapasitas yang dimiliki masyarakat. Sehingga kapasitas petani dalam menjalankan usaha tani harus selalu ditingkatkan dan dikembangkan agar mampu menghadapi persaingan global. Hingga saat ini perilaku petani dalam melaksanakan usaha pertanian selalu berpijak sesuai dengan kapasitas yang dimiliki. Oleh karena itu perubahan tersebut harus berpijak dari kapastitas petani, tanpa dimulai dari kapasitas segala upaya yang dilakukan untuk keberhasilan usaha tani tidak akan berhasil secara berkelanjutan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pemberdayaan komunitas petani pembudidaya lele dalam pengembangan ekonomi masyarakat desa Kota Jawa Kecamatan Way Khilau Kabupaten Pesawaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, partisipan yang digunakan yaitu berjumlah 23 orang atau keseluruhan anggota komunitas. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan yaitu menggunakan purposive sampeling. Sampel yang digunakan adalah 10 orang anggota komunitas. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa observasi, wawancara, dokumentasi, dan analisis data. Hasil dari proses Peningkatan Kapasitas Komunitas Rukun Makmur Sejahtera dengan peningkatan kapasitas intelektual, peningkatan kapasitas skill, peningkatan kapasitas sosial dengan adanya penyuluhan, pelatihan, interaksi sosial dan kegiatan spiritual masyarakat dapat meningkatkan kapasitas diri sehingga penghasilan yang didapat bisa meningkat atau sejahtera dan kebutuhan hidup dapat terpenuhi. Kata kunci : Peningkatan Kapasitas, Pengembangan Ekonomi Masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Apr 2022 04:29
Last Modified: 07 Apr 2022 04:29
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/18695

Actions (login required)

View Item View Item